Kompas.com - 04/06/2017, 08:03 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Mugello, KompasOtomotif – Setelah kabarnya bergulir sejak Januari 2017 lalu, Triumph akhirnya resmi mengonfirmasi, kalau mereka akan menggantikan Honda, sebagai pemasok mesin untuk Moto2 World Championship.

Berdasarkan penggumuman yang diberitakan Crash.net, Sabtu (3/6/2017) di Mugello, ditegaskan bahwa merek Inggris tersebut akan menyediakan mesin tiga silinder 765cc untuk kelas menengah, mulai musim 2019 sampai setidaknya 2021.

Saat ini, Moto2 menggunakan mesin Honda CBR600, sejak pertama kali menggantikan kelas two-stoke 250cc pada tahun 2010. Pengembangan dan pemeliharaan mesin, selanjutnya dilakukan oleh ExternPro, sebuah perusahaan yang berbasis di Aragon, sejak 2012.

Banyak yang mengaku senang, melihat pabrikan baru ikut partisipasi di ajang balap dunia ini, dan berharap perubahan tersebut bisa semakin memperseru kelas Moto2. Kapasitas mesin lebih besar yang ditawarkan Triumph, juga harus menjadi tempat latihan yang lebih baik ketika menuju MotoGP, sekaligus menempatkan jarak yang jelas antara ajang Moto2 dan Supersport.

Ajang balap World Supersport tercepat (600cc) di turnamen Phillip Island tahun ini saja, catatan waktunya 0,4 lebih lambat dari putaran Moto2 terbaik pada balapan di Oktober 2016 lalu.

Selain Triumph, kabar lain menyebut kalau Magneti Marelli juga akan memasok ECU Moto2 pada 2019. Komponen yang dibawa Magneti Marelli tersebut diatur untuk menawarkan ECU dengan teknologi lebih maju, demi membantu menutup kesenjangan pengetahuan terhadap ECU di MotoGP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.