Hyundai Perkenalkan Bus Listrik Terbaru

Kompas.com - 02/06/2017, 13:41 WIB
Hyundai Bus Lisrik. CarscoopsHyundai Bus Lisrik.
|
EditorAgung Kurniawan

Seoul, KompasOtomotif – Kedua kalinya setelah tujuh tahun berlalu, Hyundai kembali memperkenalkan bus listrik buatannya, untuk digunakan di jalanan Korea Selatan. Wujud bus Elec City ditampilkan perdana di Hyundai Truck & Bus Mega Fair.

Mengutip Carscoops, Jumat (2/6/2017) merek mobil Korsel tersebut pertama kali memperkenalkan bus listrik pada 2010, tapi kendaraan tersebut tidak kunjung diberi lampu hijau untuk produksi, karena tingginya biaya baterai pada saat itu.

Baru akhirnya tujuh tahun kemudian, dengan biaya baterai yang juga sudah lebih murah dari sebelumnya, Hyundai memiliki celah lagi, dan mengatakan kalau produksi serta penjualannya akan dimulai pada 2018.

Bus Elec City menggendong baterai lithium-ion 256 kWh, yang menurut Hyundai bisa menempuh jarak hingga 180 mil (290 km), hampir 60 mil lebih banyak daripada mobil penumpang listriknya, Hyundai Ioniq.

Tenaga yang bisa dihasilkan melalui motor listrik yaitu 240 kW. Elec City juga dilengkapi dengan fitur pengisian cepat yang memungkinkan bus untuk mengisi penuh kurang lebih hanya dalam waktu satu jam.

"Elec City memberikan gambaran sekilas tentang masa depan transportasi umum. Bus menunjukkan kesesuaian powertrain pionir listrik Hyundai Motor untuk aplikasi komersial,” ujar pihak Hyundai dalam sebuah pernyataan.

"Di jalan, Elec City menawarkan driving range terbaik di kelasnya,dengan baterai polimer lithium-ion 256kwh, bus ini bisa mengendarai 290km (180 mil) dengan sekali pengisian. Selain itu, ia memiliki berbagai fasilitas keselamatan dan human-centered, seperti Around View Monitoring dan Full Color Digital Cluster,” tutur pihak Hyundai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.