Seminggu Lagi, Pedagang Mobkas Sudah ”Lebaran”

Kompas.com - 30/05/2017, 13:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Seperti sebelum-sebelumnya, pedagang mobil bekas sudah bersiap untuk menangguk rezeki melimpah jelang Lebaran. Skema ”panen” dua minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri masih diharapkan datang, meski para pedagang akui pasar mobkas sedang kurang bergairah.

Penjualan yang cenderung meningkat sebenarnya sudah dirasakan para pedagang sejak dua minggu jelang Ramadhan datang. Namun, pada puncaknya, konsumen banyak yang memutuskan beli mobil bekas (mobkas) atau baru, ”last minute” jelang Lebaran.

”Sekarang mulai banyak yang nanya, juga sudah ada yang beli. Tapi tunggu nanti kalau sudah dua minggu sebelum Lebaran. Paling naiknya 20 persen dibandingkan hari biasa,” kata Munir Abdullah pemilik jaringan mobkas di Jakarta Timur, ketika dihubungi KompasOtomotif, (30/5/2017).

Pria yang terkenal dengan panggilan Abah Munir itu mengatakan bahwa memang ini saat tepat beli mobil buat mudik, karena stok sedang banyak. Ibarat fashion show, inilah bulan ketika pedagang mobkas mengeluarkan stok terbaiknya untuk mendapat harga tinggi.

Pengakuan yang sama dilontarkan Teddy Rachmat, pedagang mobkas di Jatiwaringin, Jakarta Timur, bahwa permintaan mobil bekas mulai tampak naik, khususnya model MPV. Tak terpaku pada Avanza dan low MPV lain yang punya ”hidung”, beberapa tipe di kelas yang sama juga diburu.

”Biasanya yang penting muat banyak. Kalau Avanza sedang habis atau barang kurang baik, gesernya ke merek lain, misalnya Ertiga, Mobilio, Xenia. Kalau tidak ada juga, mobil macam APV, Luxio, Evalia, juga tiba-tiba laku,” kata Teddy.

Dua minggu jelang Lebaran diakui Teddy sebagai masa-masa sibuk. Tak cuma pembeli yang mencari mobil bekas, pedagang pun kadang kuwalahan mencari stok. Dia bercerita bahwa kadang, para pemilik mobil yang mau dijual juga menunggu permintaan naik dulu, supaya harganya ikut terkerek.

Ya, buat pedagang mobkas, bisa jadi mereka ”Lebaran” lebih dulu, atau istilahnya, sudah menangguk untung banyak sebelum Lebaran sesungguhnya datang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.