Harga Agya Baru Naik Rp 12 Jutaan

Kompas.com - 07/04/2017, 19:30 WIB
New Agya. Ghulam/KompasOtomotifNew Agya.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan hanya menyegarkan tampilan Agya 1.0L, PT Toyota Astra Motor (TAM) juga menambah varian baru bermesin 1.2L. Harga yang dibanderol juga kembali naik dibanding dengan model sebelumnya.

Sementara itu, jumlah tipe yang ditawarakan kali ini hanya bertambah satu, atau terdapat tujuh varian dari sebelumnya hanya enam. Tipe paling bawah (E) hanya menyisakan transmisi manual, sedangkan yang transmisi otomatis dihilangkan.

Kembali ke soal harga, kenaikan dari yang sebelumnya ada di antara dari Rp 5 juta sampai Rp 12 juta, di mana lonjakan tertinggi memang dikarenakan mesin yang ukurannya bertambah besar, dari 1.0L ke 1.2L. Namun, pihak Toyota meyakinka kalau kenaikan harga masih sesuai dengan ketentuan, bahkan lebih rendah dari inflasi.

Pasalnya, Agya tergolong ke dalam program Kendaraan Hemat Bahan Bakar dan Harga Terjangkau (KBH2), di mana kenaikan harganya tidak bisa dilakukan sembarangan, tapi disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku, mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 33 Tahun 2013.

“Kenaikannya tentu disesuaikan dengan inflasi, bahkan di bawah itu. Saat ini kenaikannnya hanya sekitar 4,4 persen, sedangkan inflasi saat ini mencapai 5,6 persen, berarti di bawah itu. Sementara untuk tahun lalu, kenaikan mencapai 6 persen dan sebelumnya 7 persen,” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Marketing Toyota Astra Motor (TAM), Jumat (7/4/2017).

Namun, Soerjo memastikan kalau kenaikannya pasti disepakati terlebih dahulu dengan pemerintah, dan sebisa mungkin tidak membebani masyarakat.

Harga Baru

Harga Sebelum

1.2 A/T TRD Rp 151.900.000

1.0 G A/T TRD Rp 139.610.000

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X