Semakin Banyak Komponen Sama pada Honda

Kompas.com - 07/04/2017, 07:23 WIB
Honda Civic Type R terbaru hadir di Geneva Motor Show 2017. AutoexpressHonda Civic Type R terbaru hadir di Geneva Motor Show 2017.
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Salah satu raksasa otomotif Jepang, Honda Motor Company, bakal memperluas pemanfaatan komponen sama (common parts), pada beberapa model andalan. Honda menggandeng para pemasok komponen untuk mengembangkan common parts  dan diharapkan sudah mulai diaplikasikan pada 2020, bersamaan dengan peluncuran generasi terbaru Civic.

Mengutip Nikkei, Kamis (6/4/2017), harga mobil saat ini mulai terlihat meningkat, karena bertambahnya komponen keselamatan dan fitur lainnya. Namun, dengan mengadopsi komponen-komponen yang terstandar, diharap bisa menyumbang cost competitiveness dari produk yang dijual, atau harga  jual mobilnya bisa bersaing.

Apalagi saat ini para produsen mobil juga sedang membutuhkan banyak biaya untuk riset, mengingat perkembangan teknologi dan ketatnya aturan emisi di berbagai belahan dunia, yang menuntut pabrikan mengembangkan mesin baru yang juga ramah lingkungan.

Honda mengumpulkan lebih dari 300 pemasok komponen untuk menginformasikan hal ini, dan menjelaskan kebijakan pembelian perusahaan untuk pertama kalinya dalam delapan tahun. Merek yang masih bisa bertahan tanpa aliansi ini, sudah menstandardisasi platform kendaraannya dan akan mengembangkan common parts dengan para pemasok.

Menurut salah satu sumber Nikkei, yang hadir dalam pertemuan, Honda mengatakan bahwa mereka ingin melanjutkan kerjasama dengan grup produsen komponennya, untuk pengembangan teknologi khusus.

Lebih dari itu, Honda juga mencoba meningkatkan kemitraan dengan industri komponen di luar grup, demi memanfaatkan kekuatan mereka dan mengembangkan teknologi perintis. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.