Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menarik Mana, Scoopy atau Fino Grande ?

Kompas.com - 31/03/2017, 13:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sebelum Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan generasi baru Scoopy, Yamaha sudah lebih dulu menyegarkan Fino Grande pada Februari 2017. Keduanya sama-sama bermain di segmen skutik retro, namun datang dengan kelebihan masing-masing.

Bila dilihat cukup menarik persaingannya, mengingat di segmen ini hanya ada Scoopy dan Fino. Lantas apa saja yang ditawarkan keduanya untuk berkompetisi memikat konsumen.

Guna membandingkan keduanya, KompasOtomotif memusatkan tiga poin yang ditawarkan Fino dan Scoopy, yakni desain, fitur, dan harga. Berikut ulasan ringannya ;

Desain

Tampilan menjadi impresi awal bagi konsumen saat akan memilih sepeda motor. Secara garis besar, Scoopy tidak mengalami rombakan drastis, konsepnya masih mempertahankan model lawas dengan styling yang lebih modern.

Stanly/KompasOtomotif All New Honda Scoopy

Perubahan kental terjadi akibat beberapa fitur baru, yang paling signifikan pada sektor kaki-kaki yang kini mengusung pelek 12 inci. Meski dimensinya lebih kecil dibandingkan versi sebelumnya, tetapi struktur ground clearance naik 7 mm, hal ini yang membuat "tongkrongan" Scoopy terlihat lebih padat.

Selain itu, permainan delapan warna baru juga menjadikan Scoopy makin variatif. Bila dulu hanya ada dua model, Sport dan Stylish, kini AHM menambah satu model baru, yakni Playful.

Senada dengan Scoopy, desain Fino Grande juga masih mengekor pada Fino versi biasa. Namun sebagai kasta tertinggi, versi Grande dikemas lebih premium, salah satunya dengan desain jok double seat yang lebih stylish.

Aditya Maulana - Otomania Yamaha Fino Grande

Untuk pilihan warna, Fino Grande hanya tersedia dalam satu pilihan, yakni Royal Blue. Namun untuk model Fino Premium dan Sporty juga memiliki warna dan stripping baru, yakni PumP Grey, Jump White, Red Velvet, dan White Latte.

Fitur

Seperti yang diungkapakan sebelumnya, perubahan besar pada Scoopy lebih fokus pada sisi fitur. Bahkan dengan fitur-fitur baru ini yang jutru mendongkrak tampilannya lebih segar.

Ubahan tampak depan ada pada model lampu utamanya yang kini menggunakan model oval lengkap dengan light-emitting diode (LED) dan proyektor. Desain lampu sein juga dibuat tersambung tidak terpisah seperti model lawas, begitu juga untuk model stop lamp pada buritan belakang.

Stanly/KompasOtomotif Fitur alaram Honda Scoopy dan power charger

Aplikasi odometer digital juga diterapakan pada panel instrumen cluster, khususnya untuk jarak tempuh dan informasi bahan bakar. AHM juga membenamkan Eco Indikator sebagai panduan berkendara irit bahan bakar bersama fitur Idling Stop System (ISS), tapi yang paling menarik adalah adanya power charger serta alaram pintar.

Bukan hanya Scoopy saja yang mendapat penyegaran signifikan, Fino juga ikut dibenahi oleh Yamaha. Untuk model Grande, Yamaha mengaplikasi lampu LED yang memberikan nuansa mewah pada Fino.

Istimewa Yamaha Fino Grande

Yamaha juga menambahkan fitur Stop & Start System (SSS) untuk mengoptimalkan efesiensi bahan bakar. Sedangkan urusan mesin sudah ditambah dengan teknologi Blue Core.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com