Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iannone “Contek” Gaya Berkendara Vinales di Suzuki

Kompas.com - 18/03/2017, 09:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Losail, KompasOtomotif - Setelah empat musim menunggangi motor Ducati, Andrea Iannone akhirnya beralih ke Suzuki di musim 2017, yang ditandatanganinya untuk menggantikan Maverick Vinales. Namun, Iannone belum memberikan penampilan yang signifikan.

Pebalap asal Italia ini mengatakan, dirinya telah bekerja keras untuk beradaptasi, dari riding style halusnya menjadi lebih agresif, demi mendapatkan titik terbaik dari GSX-RR. Namun, dirinya mengatakan, perubahan tersebut bukan karakternya.

"Saya mencoba untuk beradaptasi sesegera mungkin, tapi untuk menjadi cepat membutuhkan gaya berkendara yang identik dengan Vinales. Saya mencoba untuk menirunya, tapi itu bukan sifat saya. Vinales punya gaya berkendara yang berbeda dari kebiasaan pebalap umumnya,” ujar Iannone mengutip Motorsport.com, Jumat (17/3/2017).

“Kebanyakan pengendara, di sisi lain, mereka menggunakan rem untuk membawa sepeda motor masuk ke tikungan, baru kemudian berakselerasi, berbeda dengan yang dilakukan Vinales. Sekarang saya mencoba beradaptasi, untuk mengimbangi apa yang kurang," tutur Iannone.

Perkembangan

Iannone hanya duduk di posisi ke-12 pada tes pra-musim terakhir di Qatar, hampir satu detik di belakang Vinales yang ada di paling depan. Padahal pada tes pra-musim di Sepang, dirinya bisa mencatakan waktu terbaik kedua.

Namun, Iannone mengaku mampu meningkatkan kepercayaan diri di sisa waktu 30 menit pada hari terakhir tes Qatar, dengan "ekstrim set-up". Di mana ini memungkinkan Iannone menemukan konsistensi.

"Kami memahami sesuatu yang sangat penting di akhir-akhir tes. Tiga lap terakhir saya lakukan semua dalam 1 menit 55 detik, yang tidak pernah terjadi dalam tiga hari ini. Namun kami masih memiliki sedikit kekurangan kecil, terutama di tikungan 6, di mana tidak bisa mengerem seperti yang saya inginkan,” ujar Iannone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com