Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asuransi Kendaraan, Masih Belum Membudaya di Indonesia

Kompas.com - 14/03/2017, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kesadaran untuk mengasuransikan kendaraan bermotor di Indonesia, masih dianggap minim. Umumnya, masyarakat yang mengasuransi kendaraanya, kebanyakan dilakukan bukan karena inisiatif, tapi secara otomatis, ketika membeli kendaraan dengan kredit.

Kondisi ini juga diakui oleh Julian Noor, Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) saat ditanyakan KompasOtomotif. Namun, terkait dengan seberapa besar komposisi pemilik kendaraan yang sadar asuransi atau tidak, Julian mengaku sulit mengidentifikasinya.

“Pada saat ini masyarakat lebih mengasuransikan karena persyaratan yang diminta, pada saat kendaraan dibeli secara kredit. Sehingga agak sulit untuk mengetahui berapa persen yang mengasuransikan kendaraannya karena kesadaran,” ujar Julian kepada KompasOtomotif, Senin (13/3/2017).

Padahal sebenarnya, sambung Julian, secara umum tingkat literasi dan edukasi masyarakat meningkat akan asuransi. Hanya saja, pihaknya tidak memiliki data serupa yang khusus untuk kendaraan bermotor.

Bangun Kesadaran

Julian menambahkan, untuk urusan menyadarkan masyarakat akan asuransi, khususya kendaraan bermotor, dirinya merekomendasikan melalui peningkatan program literasi dan edukasi, baik itu yang dilakukan oleh regulator, maupun yang berdasarkan inisiatif dari masing-masing perusahaan.

“Lebih dari itu, perlu juga memberikan kesadaran kepada masyarakat, kalau resiko kehilangan atau kecelakaan masih cukup tinggi di Indonesia. Tentunya untuk mengelola risiko tersebut, asuransi merupakan pilihan yang efektif dan efisien,” kata Julian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com