Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transformasi Renault Koleos Tampil Lebih Gagah

Kompas.com - 06/02/2017, 08:48 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Selain masuk ke segmen sport utility vehicle (SUV) mini lewat Renault Kwid, merek asal Perancis ini juga mencoba peruntungan di segmen menegah dengan Koleos. Indonesia jadi pasar kedua di Asia Tenggara setelah meluncur di Malaysia.

Sekarang, tampilan New Koleos jauh berbeda dengan model sebelumnya, jadi terlihat lebih modern dan elegan. Kesan SUV “mahal” dengan nuansa mewah, juga diterjemahkan pada bagian muka yang menjadi lebih lebar.

Meski sedikit masih ada nuansa konservatif (rounded shape) pada bagian depan, tapi penyematan garis-garis vertikal pada kap mesin mampu jadi penyeimbang, sehingga cukup terasa ruh kekinian. Garis tersebut juga menampilkan kesan gagah dan berwibawa.

Sentuhan desain seperti ini juga bukan hanya bisa menarik perhatian para generasi Y, yang punya taste elegan dengan rounded shape, tapi juga Generasi X dengan garis tegas dan tajam. Namun, saat mengendarainya, perlu adaptasi lebih, karena bagian depannya yang besar dan agak “membumbung” ini.

Belum beranjak dari bagian depan, yang sangat menarik perhatian lagi adalah desain lampu utama, yang sudah pergi jauh dari model Koleos sebelumya. Hadir dengan teknolog LED, “dua mata” Koleos terbaru ini memiliki bentuk yang lebih sipit, dengan ornamen chrome pada bagian atas dan bawah.

Setyo Adi/KompasOtomotif New Renault Koleos.

Kesan tangguh mobil SUV, bisa terpancar pada lampu utama mobil ini. Desain lampu baru juga menjadi satu yang paling menonjol, ketika akan membedakan Koleos terbaru dan lawasnya.

Menyeimbangkan bagian depan, buritan mobil juga tampil bongsor, dengan komposisi yang padat dan simple. LED juga disematkan pada lampu belakang, didesain horizontal dan pada sisi tengahnya terdapat logo Renault beraksen chrome.

Dari data teknis, New Koleos memiliki ground clearance 210 mm, dan juga approach and departure angle masing-masing 19 dan 26 derajat. Spesifikasi ini diklaim membuat New Koleos bisa diajak untuk bermain di medan berat. 

Sementara jarak sumbu roda (wheelbase) mencapai 2.705 mm dari total panjang mobil yang 4.673 mm, atau menjadi yang terpanjang di kelasnya. Dimensi ini membuat ruang kabin menjadi lebih luas, bahkan di antara para rivalnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com