Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Siapkan "Stonic" buat Pesaing Nissan Juke

Kompas.com - 18/01/2017, 08:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Seoul, KompasOtomotifKia ketahuan sedang mematenkan nama ”Stonic” untuk model baru di segmen sport utility vehicle (SUV) kompak. Kabar itu datang dari Kia-world.net, yang menerima informasi ekslusif dari sumber mereka. Kabarnya, mobil yang akan bersaing dengan Nissan Juke itu siap meluncur tahun ini.

Tidak ada foto colongan untuk saat ini, namun bocoran menyatakan bahwa sang SUV sedang digodok di pusat penelitian dan pengembangan Kia, di Korea Selatan. Mobil siap dibangun dari platform A yang juga dipakai untuk small SUV Hyundai.

Stonic dan small SUV Hyundai yang belum ada nama itu bakal berbagi teknologi mesin, meski Kia memastikan bahwa desain dan layout ruang interior bakal jauh berbeda. Belum ada informasi tentang tawaran penggerak AWD, namun satu hal yang pasti, mesin akan dipasangi turbo.

Motor1 Mobil konsep Kia Provo.

Stonic standar akan menggunakan mesin 1.400 cc T-GDI, sementara pada tipe tertinggi akan dipasangi mesin 1.600 cc T-GDI turbo. Di Eropa, bakal tersedia mesin 1.600 cc CRDi (diesel).

Rumor yang berkembang, Kia Stonic akan melakukan debut dalam ajang Frankfurt Motor Show, September mendatang, lalu diikuti dengan penjualan yang mulai disebar ke seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com