Permintaan Konsumen Soal Pemusatan Bus di Pulogebang

Kompas.com - 16/01/2017, 09:01 WIB
Terminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur. Rabu (3/6/2015) Kompas.com/Robertus BelarminusTerminal Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur. Rabu (3/6/2015)
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan hanya pihak perusahaan otobus (PO) yang mengeluh karena sedikitnya penumpang, tapi juga konsumen yang menyayangkan pemindahan bus rute Jawa Tengah dan Timur, di mana membuat mereka semakin kerepotan.

Arief Setiawan, Ketua Umum Bismania Community (BMC) kepada KompasOtomotif sekaligus mewakili pengguna bus, menyampaikan beberapa permintaan kepada Dinas Pehubungan DKI Jakarta. Setidaknya hanya ada tiga hal yang bisa dipertimbangkan sebelum pemindahan tersebut.

Pertama, disediakannya bus Damri yang rutenya langsung ke Terminal Pulogebang, terutama dari daerah atau terminal yang sudah dilarang, untuk menaikkan penumpang rute Jawa Tengah dan Timur, misalnya Grogol.

Kedua, akses jalan menuju ke terminal Pulogebang diperluas, terutama dari depan Kantor Walikota Jakarta Timur ke arah terminal, karena saat ini tampak hanya cukup untuk satu kendaraan saja.

Ketiga, diharapkan untuk moda transportasi Busway Transjakarta, ditambahkan lagi trayeknya agar tidak terlalu banyak transit, terutama bagi konsumen yang akan menuju Pulogebang, dari terminal yang sudah tidak ada bus AKAP Jawa Tengah dan Timur.

“Jadi kesimpulan kami, implementasi dari aturan tersebut mungkin bisa untuk ditunda terlebih dahulu, sampai pembenahan sarana dan prasarana dari dan ke terminal Pulogebang sudah layak,” ucap Arief, Minggu (15/1/2017).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.