Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Ducati Scrambler Perbaikan Massal

Kompas.com - 30/12/2016, 13:43 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Washington, KompasOtomotif – Merek asal Italia, Ducati, mengumumkan perbaikan massal untuk model Scrambler. Jumlah unit yang diperkirakan terkena “recall” mencapai 5.502 unit, karena masalah pada komponen “sidestand” (standars samping).

Lembaga keselamatan berkendara Amerika, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dalam situs resminya menyebutkan, Ducati North America menginformasikan, yang terpengaruh kampanye ini yaitu model tahun 2015 dan 2016, yang diproduksi antara 17 Februari 2015 sampai 11 Nopember 2016.

Mur pada poros sidestand (pivot nut) berpotensi mengendur atau bahkan bisa terlepas. Kondisi ini dapat menyebabkan sensor posisi pada “standar samping” tidak berfungsi dengan baik.

Mengutip Asphaltandrubber, Jumat (30/12/2016) kerusakaan standar samping ini juga berpotensi dapat menyebabkan sepeda motor mengalami mati seketika (engine stall). Masalah lainnya, pengendara bisa saja mengoperasikan motor mereka dengan sidestand yang masih turun, ini tentu akan berbaya.

Ducati Amerika Utara sudah memberitahukan kepada seluruh pemilik Scrambler yang terkena dampak. Di mana perbaikan massal secara gratis, oleh diler Ducati, diharapkan mulai bisa dilakukan pada 23 Januari 2017. Belum ada pengumuman resmi apakah “recall” ini akan juga terjadi di luar Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com