Kompas.com - 30/12/2016, 13:43 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Washington, KompasOtomotif – Merek asal Italia, Ducati, mengumumkan perbaikan massal untuk model Scrambler. Jumlah unit yang diperkirakan terkena “recall” mencapai 5.502 unit, karena masalah pada komponen “sidestand” (standars samping).

Lembaga keselamatan berkendara Amerika, National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) dalam situs resminya menyebutkan, Ducati North America menginformasikan, yang terpengaruh kampanye ini yaitu model tahun 2015 dan 2016, yang diproduksi antara 17 Februari 2015 sampai 11 Nopember 2016.

Mur pada poros sidestand (pivot nut) berpotensi mengendur atau bahkan bisa terlepas. Kondisi ini dapat menyebabkan sensor posisi pada “standar samping” tidak berfungsi dengan baik.

Mengutip Asphaltandrubber, Jumat (30/12/2016) kerusakaan standar samping ini juga berpotensi dapat menyebabkan sepeda motor mengalami mati seketika (engine stall). Masalah lainnya, pengendara bisa saja mengoperasikan motor mereka dengan sidestand yang masih turun, ini tentu akan berbaya.

Ducati Amerika Utara sudah memberitahukan kepada seluruh pemilik Scrambler yang terkena dampak. Di mana perbaikan massal secara gratis, oleh diler Ducati, diharapkan mulai bisa dilakukan pada 23 Januari 2017. Belum ada pengumuman resmi apakah “recall” ini akan juga terjadi di luar Amerika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.