Kompas.com - 09/12/2016, 10:42 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Pada umumnya, produk kaca film yang terbaik untuk menolak panas matahari berbahan metal. Meski begitu perlu dipahami bahan metal bisa memengaruhi perangkat yang mengandalkan gelombang radio, seperti ponsel dan Global Positioning Unit (GPS).

Diterangkan Andre susanto, Direktur PT Maxpro Adi Perkasa, pemasar kaca film merek Maxpro, karena bahan metal gelombang radio tidak sepenuhnya masuk ke dalam atau keluar kabin. Seberapa besar pengaruhnya mesti diteliti lagi sebab racikan komposisi kaca film setiap produsen berbeda-beda.

“Sebenarnya kita enggak bisa tahu, pabrik enggak akan bilang itu ramuannya apa tapi mereka akan bilang secara adil mengandung metal," ujar Andre, di Jakarta, Kamis (8/12/2016). 

Fungsi metal yang dikatakan terbaik menolak panas membuatnya tetap digunakan sebagai bahan dasar kaca film. Selain itu, kaca film berbahan metal dapat dijual dengan harga lebih murah ketimbang bahan lainnya.

Salah satu dampak negatif dari bahan metal membuat produsen memakai bahan alternatif yaitu nano ceramic. Bahan ini tidak mengganggu kerja ponsel atau GPS karena tidak mengandung metal.

“Metal lebih murah dibanding ceramic. Secara dasar bahan metal lebih tinggi menolak panas tapi ternyata yang berbahan dasar ceramic juga lebih tinggi lagi. Tetapi kompensasinya ke harga, lebih mahal dari metal,” jelas Andre. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.