Janji Palsu, Ford Dituntut Rp 837,3 Miliar di Brasil

Kompas.com - 02/12/2016, 09:25 WIB
Ford Ranger Stanly/OtomaniaFord Ranger
EditorAgung Kurniawan


Rio Grande, KompasOtomotif – Akhir 1990 lalu, Ford Motor Company menyampaikan niatan untuk membangun pabrik baru di negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil. Tetapi, merek berlogo oval biru itu kemudian mengubah keputusannya dan memilih negara bagian Bahia untuk memastikan pendirian pabrik. Langkah ini memicu protes.

Langkah Ford memutuskan lokasi baru untuk pabriknya, membuat pihak pemerintah Rio Grande do Sul melayangkan tuntutan ganti rugi. Setelah berseteru selama 17 tahun, dilansir Reuters (1/12/2016), akhirnya kedua pihak mencapai kata sepakat.

Ford sepakat untuk membayar kompensasi mencapai 61,9 juta dolar AS (Rp 837,3 miliar) karena janji palsu. Dana yang dibayarkan akan digunakan pihak pemerintah setempat untuk membantu para pegawai pemerintahan.

Di sisi lain, Pabrik Camacari di Bahia, baru saja merayakan produksi pertama, 2001 lalu dan saat ini mempekerjakan 8.753 pegawai. Di fasilitas ini, Ford memproduksi Fiasta RoCam dan EcoSport.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.