Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruginya Duplikat Immobilizer via "Hacker"

Kompas.com - 25/11/2016, 15:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kunci mobil yang sudah dilengkapi sistem pengaman elektronik immobilizer kenyataannya bisa dibobol juga. Duplikasi kunci immobilizer sudah bisa dilakukan di luar bengkel resmi, hal ini tentu mengangkat kekhawatiran potensi pencurian. 

Baca: Ternyata Bisa Bikin Kunci Immobilizer Cadangan

Anjar Rosjadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor menerangkan sifat immobilizer memiliki enkripsi elektronik yang berbeda-beda pada tiap kunci. Dia mengatakan memang memungkinkan enkripsi salah satu kunci itu ditransfer ke kunci duplikat via perangkat khusus,

“Orang zaman sekarang sudah makin jago, tahu komputer dan elektronik. Biar bagaimanapun kalau kunci hilang dan mau bikin baru lebih baik ke bengkel resmi karena dijamin rahasianya. Kalau ke orang lain kan jadi enggak jelas,” kata Anjar via telepon kepada KompasOtomotif, Jumat (25/11/2016).

Cara duplikasi kunci immobilizer dikatakan tingkatannya hacker. Maka itu dia menyarankan hati-hati jika meminjamkan mobil ke orang lain. Jika duplikat kunci immobilizer bisa dilakukan, bukan tidak mungkin selanjutnya mengundang tindak kejahatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com