Fakta Unik Busi Tipe Iridium

Kompas.com - 09/11/2016, 12:38 WIB
Busi NGK Stanly/OtomaniaBusi NGK
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAris F Harvenda

Jakarta, KompasOtomotif - Busi jadi komponen penting bagi kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Kegunaannya adalah membantu proses pembakaran.

Percikan api yang dihasilkan busi menjadi pemicu ledakan di ruang bakar bersama udara dan bensin yang dikompresi.

Busi terbagi dalam beberapa jenis, salah satunya adalah iridium. Jenis busi ini memiliki banyak kelebihan, tapi soal harga memang jauh lebih mahal.

Asisten Manager Produksi PT NGK Busi Indonesia Syamsudin menjelaskan, tipe iridium masuk dalam kategori busi yang bebas perawatan. Tentunya hal tersebut membuat model iridium lebih baik dibandingkan busi konvensiobal.

"Jenis iridium memang lebih mahal, tapi keuntungannya lebih banyak. Salah satunya bebas perawatan karena dirancang menggunakan teknologi carbon fouling. Teknologi itu mampu membersihkan secara otomatis karbon sisa pembakaran pada elektroda, jadi tidak perlu dibersihkan dengan cara manual," ucap Syamsudin ketika dihubungi KompasOtomotif, Rabu (9/11/2016).

boschautoparts.com Busi iridium merek Bosch.

Performa

Selain bebas perawatan, keunggulan lain bisa menghemat bahan bakar serta memberikan performa lebih baik. Ujung inti elektroda yang terbuat dari material iridium alloy mampu memercikkan api dengan baik. Ujung intinya sengaja dibuat meruncing agar titik api lebih fokus.

" Busi iridium lebih irit sampai 15 persen dalam hal pemakaian bahan bakar. Api yang mengumpul membuat pembakaran lebih sempurna, sehingga tidak banyak karbon yang terbuang. Bisa terbakar lebih maksimal," kata Syamsudin.

Hasil pembakaran sempurna, membuat performa tenaga di mesin lebih meningkat. Kelebihannya membersikan karbon sisa pembakaran, membuat usia pakai lebih panjang dibandingkan busi biasa.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X