Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membedakaan Busi Asli dan Aspal

Kompas.com - 07/11/2016, 08:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Busi menjadi salah satu komponen penting bagi mesin sepeda motor. Sayangnya, saat ini cukup banyak peredaran busi palsu yang ditawarkan di toko-toko spare part, konsumen pun dituntut untuk lebih teliti agar tidak dirugikan.

Lalu bagaimana membedakan antara busi asli dengan yang asli tapi palsu (aspal)? Menjawab hal ini, Suprianto selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia menjelaskan bila untuk produk NGK ada perbedaan secara kualitasnya.

"Busi NGK dilengkapi dengan komponen yang dinamakan sheet packing dan wire packing pada bagian atas dan bawah pada bagian dalam. Busi palsu yang tidak dilengkapi keduanya membuat pala busi serta bagiannya akan mudah goyang," ucap Suprianto kepada KompasOtomotif, Sabtu (5/11/2016).

Menurutnya, kedua packing tersebut memiliki dua fungsi yang berguna untuk menjaga kualitas busi. Pertama untuk menahan getaran dan yang kedua untuk anti kebocoran.

zona435412 Busi motor Injeksi

Secara kasat mata memang tidak bisa dilihat. Tapi biasanya setelah dipakai sekian jam, kemudian dilepas serta di putar kepalanya akan ikut berputar. Bila pernah mendapat kasus seperti itu, Suprianto mengklaim bahwa itu merupakan busi NGK yang dipalsukan.

"Kedua packing tersebut menahan getaran pada motor sehingga susunan material tidak berubah dan terhindar dari kebocoran cairan. Bila tidak ada kemungkinan busi itu palsu," kata Suprianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com