Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik Gesits Digeber Jakarta-Bali

Kompas.com - 07/11/2016, 12:34 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Calon skuter listrik nasional "Gesits" hasil kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) siap melaksanakan uji jalan hingga 1.200 km atau dari Jakarta menuju Bali. Pelepasan dilakukan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (7/11/2016).

Beberapa rider dari ITS akan menunggangi lima skuter Gesits pada 7-12 November 2016. Hal ini dilakukan sebagai langkah kesiapan untuk produksi massal, seperti pengkajian performa, jarak tempuh dan konsumsi energi, serta dari sisi aspek keselamatan.

"Saya selalu sampaikan kalau riset tidak hanya sebatas publikasi, tapi bisa sampai hilirisasi dan komersialisasi. Gesits ini diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk kebangkitan teknologi di Indonesia," ujar Muhammad Nasir di sela-sela pelepasan rombongan, Senin (7/11/2016).

Ghulam/KompasOtomotif Pelepasan rombongan Gesits yang akan diuji dari Jakarta menuju Bali.

Muhammad Al Abdullah, Chief Executive Officer Garansindo Group, menambahkan, pihaknya berterima kasih atas dukungan pemerintah, di mana ini menjadi satu bukti komitmen dalam mengapresiasi karya anak bangsa dan mereduksi pencemaran udara.

"Besar harapan skuter listrik Gesits bisa menjadi pionir dalam industri otomotif karya anak bangsa, yang nantinya bisa memberikan inspirasi dan motivasi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Harapannya akan banyak lagi hadir produk-produk seperti Gesits," ujar Al.

Gesits sendiri merupakan skuter otomatis bertenaga listrik dengan daya motor 5KW dan dapat menempuh jarak 80-100 km dalam satu pengisian baterai. Kecepatan yang dihasilkan mencapai 100 kpj dengan waktu pengecasan hanya 1,5-3 jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com