Kompas.com - 09/10/2016, 13:01 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Broadmeadows, KompasOtomotif - Seluruh produksi lokal Ford di Australia resmi berakhir setelah pabrik di Broadmeadows dinyatakan ditutup, Jumat (7/10/2016). Penutupan ini juga memutus perjalanan panjang produksi lokal merek Amerika Serikat itu selama 91 tahun di Benua Kangguru.

“Hari ini hari emosional buat kami semua di Ford,” ucap Presiden dan CEO Ford Australia Graeme Whickman. 

Pabrik Broadmeadows mulai bekerja pada 1925, total lebih dari 4,3 juta unit pernah keluar dari jalur produksi. Kebanyakan model produksi yakni sedan Falcon sekitar 3,8 juta unit, selain itu Ford juga melahirkan Falcon Ute dan SUV Territory.

Sebagai penghormatan, unit terakhir yang dibuat yaitu Falcon XR6 berwarna biru terang. Unit spesial ini tidak dijual tetapi bakal dipamerkan buat kenangan. 

Arti lain dari penutupan pabrik, lebih dari 600 karyawan harus mencari pekerjaan baru. Ford Australia hanya menyelamatkan 160 karyawan yang ditransfer ke bagian pusat riset dan pengembangan di Victoria.

Beda seperti Ford di Indonesia yang sedang mengemas koper untuk angkat kaki, Ford tidak pergi dari Australia. Tahun ini Ford sudah menginvestasikan 300 juta dollar Australia
(Rp 2,9 trilun) untuk fasilitas riset dan pengembangan. Total ada 2.000 karyawan yang bekerja pada akhir 2017.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.