Kompas.com - 08/10/2016, 16:02 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Virginia, KompasOtomotif – Kabar perbaikan massal kendaraan roda empat, kali ini datang dari Volkswagen Group, di mana mereka mengumumkan me-recall untuk total 281.505 unit, merek VW sendiri dan Audi.

Penarikan unit untuk diperbaiki ini lantaran ditemukannya potensi kebocoran bahan bakar. Beberapa model yang terkena masalah ini di antaranya Audi A3, A6, A7, Q5, dan Q7. Kemudian ada juga dari Volkswagen Golf, Golf SportWagen, dan Golf GTI yang ikut terkena recall.

Menguti Autoblog, Sabtu (8/10/2016),  sebenarnya ada tiga masalah yang ditemukan hngga berujung recall, dan semua berhubungan dengan kebocoran bahan bakar. Mulai dari masalah pertama, untuk model Audi A6 lansiran 2012-2013 dan Audi A7 dengan total 28.249 mobil, ditarik karena penurunan kualitas selang bahan bakar di kompartemen mesin.

Kedua, ada Audi Q5s 2009-2012 dan Audi Q7s 2007-2012 berjumlah 143.214 unit, karena tutup bahan bakar kendaraan yang retak, berpotensi bocor bahan bakar. Terkahir, 110.042 total unit dari model Volkswagen Golf 2015-2016, Golf SportWagen, GTI, Audi A3 sedan, dan A3 Cabriolet, harus dilakukan recall, karena adanya potensi bocor bahan bakar dari penguapan sistem emisi.

Sampai saat ini, masih belum ada cedera atau kematian, yang disebabkan oleh kebocoran bahan bakar. Tiga isu yang terpisah berarti tiga perbaikan yang terpisah. Volkswagen dan Audi akan menginformasikan pelanggan sesegera mungkin, meskipun komponen penggantiannya belum tersedia.

Masih belum diumumkan secara jelas, apakah model-model yang terinfeksi ini, juga terjadi di luar wilayah Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.