Kompas.com - 13/09/2016, 18:29 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Walau lahir di rahim yang sama dan kembar identik, Daihatsu Sigra dan Toyota Calya punya detail perbedaan. Salah satunya dari perangkat keamanan, yakni sabuk pengaman.

Calya dan Sigra sama-sama muat 7-penumpang. Pada Calya, Toyota memilih menyematkan sabuk pengaman tipe tiga titik untuk semua penumpang, termasuk pada penumpang tengah di jok baris kedua dan dua penumpang pada jok baris ketiga. Itu sebabnya, ada titik pengait sabuk pengaman di plafon bagian belakang dan pada pilar D.

Pada Sigra, Daihatsu memilih sabuk pengaman tiga titik hanya untuk empat penumpang yakni dua penumpang depan dan dua penumpang baris kedua bagian sisi kiri dan kanan. Sisanya hanya dilengkapi sabuk pengaman dua titik.

Toyota Astra Motor Setiap penumpang di kabin Toyota Calya dilengkapi dengan sabuk pengaman tiga titik.
Direktur Pemasaran Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menjelaskan perbedaan itu menyesuaikan kebutuhan dan memenuhi permintaan Toyota. Visibilitasnya, produk ini akan diekspor menggunakan merek Toyota. Buat memenuhi regulasi keselamatan tertentu makanya standar keamanan lebih diperhatikan.

“Di Indonesia kebutuhannya saja kita lihat. Kalau di depan kan memang harus pakai sebab sesuai peraturan. Disesuaikan dengan permintaan, Daihatsu menganggap belum butuh seperti itu untuk domestik tetapi kalau suatu saat dibutuhkan kami bisa pakaikan,” jelas Amelia via telepon, Selasa (13/9/2016).

Febri Ardani/KompasOtomotif Astra Daihatsu Sigra dan Astra Toyota Calya di pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang, Jawa Barat, Selasa (2/8/2016).
Dari hasil studi yang dijelaskan Amelia, masyarakat Indonesia yang duduk di jok baris kedua dan ketiga tidak punya kebiasaan memakai sabuk pengaman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.