Tambah Investasi, Nissan Bangun Pabrik Baru di Indonesia

Kompas.com - 08/09/2016, 16:29 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Purwakarta, KompasOtomotif — PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menambah investasi dengan membangun pabrik baru di Purwakarta. Lokasi fasilitas baru ini masih berada di dalam area pabrik NMI sebelumnya.

Pabrik ini nantinya akan digunakan untuk memproduksi mesin dan transmisi. Dana yang digelontorkan mencapai angkat 3,4 miliar yen atau Rp 436,8 miliar. Ini dianggap merefleksikan komitmen Nissan di Indonesia.

Di atas lahan seluas 3.000 meter persegi, fasilitas baru ini akan diisi dengan line produksi engine machining, yang nantinya memungkinkan NMI untuk memproduksi mesin dan transmisi secara lokal. Total kapasitas produksi mencapai 96.000 unit per tahun dan akan mulai beroperasi pada September 2017 mendatang.

"Indonesia merupakan salah satu pasar strategis bagi Nissan secara global. Investasi ini menjadi bagian penting dari strategi pertumbuhan perusahaan kami. Nissan sudah memulai investasi di Indonesia sejak tahun 2001 dan pabrik baru ini menegaskan kembali berkomitmen jangka panjang kami di Indonesia," ujar Antonio Zara, Presiden Direktur NMI, dalam siaran resminya, Kamis (8/9/2016), pada acara peletakan batu pertama di Purwakarta.

Fumitoshi Yoshikawa, Wakil Presiden Direktur NMI, menambahkan, pabrik baru ini diharapkan mampu memberikan produk terbaik yang sesuai dengan standar sistem produksi, yaitu "Nissan Production Way".

"Kami yakin pabrik ini nantinya akan memproduksi engine dan transmisi berkualitas tinggi sehingga kami dapat memberikan produk kendaraan terbaik bagi konsumen di Indonesia," ucap Yoshikawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.