Kompas.com - 29/08/2016, 19:01 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Balapan adalah aktivitas berbahaya, oleh sebab itu faktor keselamatan sangat dipertimbangkan. Seiring sejarah balapan, helm juga berkembang semakin canggih meski awal tujuan pemakaiannya bukan fokus melindungi kepala dari benturan.

Video dari Donut Media menampilan jalan cerita perkembangan helm. Dimulai dari 1908 , kepala pebalap cuma dilindungi kain yang fungsinya hanya melindungi dari debu dan serangga. Masuk ke 1949, pebalap baru memakai helm half-face berbahan keras,

Menurut video, helm full face berbahan keras digunakan massal pada 1970. Mulai dari sini pembuatan helm balap mengikuti regulasi, memiliki kaca depan, pelindung cahaya matahari, logo sponsor, hingga disematkan sistem komunikasi pada 1989.

Youtube (capture) Helm pebalap pada 2016.
Pada era 1990-an, helm didesain aerodinamis dengan bahan baku ringan. Masuk ke 2000-an, helm ditambahkan pelindung dan penopang leher serta kepala. Pada 2010, helm pebalap dilengkapi sistem aliran udara, hingga helm modern sekarang hanya seberat 1,25 kg berbahan karbon Kevlar, punya selang minuman.

Lihat video lengkapnya di bawah ini:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.