Rambu Lalu Lintas Baru untuk Masa Depan

Kompas.com - 18/08/2016, 19:12 WIB

London, KompasOtomotif – Masa depan industri otomotif, khususnya dari sisi teknologi sudah bisa ditebak dari sekarang. Berbagai teknologi terapan bakal mengisi jalanan, setidaknya dalam 10 tahun mendatang. Rambu lalu lintas pun diprediksi bakal bertambah demi menyesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti dilansir Carscoops, (18/8/2016), mengutip dari Carkeys, bahwa akan ada rambu-rambu lalu lintas yang akan mengisi infrastruktur jalan masa depan. Misalnya, menyikapi bakal banyaknya mobil elektrik, atau bahkan bus mengangkang yang siap dijadikan solusi kemacetan.

Ada lima rambu lalu lintas baru yang bisa jadi diterapkan. Misalnya, Lajur khusus untuk mobil listrik yang akan mengisi ulang baterai. Memang ini bukan ide baru, tapi kemungkinan besar rambu ini bakal meramaikan jalanan di masa depan.

Stasiun pengisian baterai akan menjamur, dan mobil-mobil yang bertenaga listrik juga butuh lajur khusus untuk mengisi ulang.

Rambu lain, tanda peringatan untuk mobil otonomos. Lajur khusus mungkin saja disiapkan untuk meningkatkan keamanan. Memang akan menambah lajur baru, dan itu sangat mungkin terjadi demi memisahkan mobil tanpa awak dengan mobil yang disetir manusia untuk meminimalisasi human error.

Ada lagi, rambu peringatan untuk jalur ”bus mengangkang”. Bus yang satu ini memang belum mulai dipraktikkan penggunaannya. Namun seiring dengan uji coba yang dilakukan perusahaan di China, bus ini mungkin akan punya jalur yang fix dan orang-orang butuh tahu tentang ukuran tinggi mobil maksimal yang bisa melewati jalur bus itu.

Terakhir, rambu untuk orang-orang yang terburu-buru. Ini bisa jadi akan menciptakan jalur cepat, sangat cepat, untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi demi sampai di tujuan dengan cepat pula.

Belum tentu akan dipakai memang, tapi, siapa yang tahu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Carscoops
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.