Kompas.com - 16/06/2016, 16:41 WIB
|
EditorLatief

KOMPAS.com– Mudik memang seakan jadi tradisi Lebaran. Namun, jangan sampai lupa diri saking semangatnya mau pulang kampung. Dari bekal makanan sampai antisipasi kondisi darurat, bahkan kecelakaan, harus dipersiapkan mulai sekarang.

Siapa menyangka, misalnya, perjalanan Suhud Supryanto (45) bersama istri dan ketiga anaknya pada tahun lalu adalah kesempatan terakhir mereka merayakan lebaran di kampung halaman. Suhud sekeluarga mengalami kecelakaan di Tol Cipali.

Mobil yang ditumpangi keluarga Suhud yang sedang melaju dari arah Cirebon menuju Jakarta, Jumat (24/7/2015), mendadak oleng. Setelah menabrak pagar pembatas, mobil itu masuk jalur untuk mobil yang malaju ke arah sebaliknya.

Nahas, ada bus yang melaju kencang berlawanan arah dan langsung menghantam mobil Suhud sekeluarga. Seluruh anggota keluarga Suhud meninggal dalam kecelakaan ini.

"Kami tidak menyangka. Lebaran kemarin pulang ke Ponorogo untuk berziarah ke makam orangtua," ujar kakak Suhud, Muhammad Yusuf, seperti dimuat Kompas.com, Minggu (26/7/2015).

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Sulistyo Pudjjo Hartono, kecelakaan itu terjadi kemungkinan besar karena sopir mengantuk sehingga mobil kehilangan kendali.

Kisah pilu keluarga Suhud tentu saja harus menjadi pelajaran pahit bagi siapa pun yang pada tahun ini akan segera kembali menjalani "ritual" mudik.

Terlebih lagi, data Korps Lalu Lintas Polri menyebutkan selama arus mudik dan balik pada 2015 terjadi 3.049 kecelakaan, dengan 657 orang meninggal, 1.068 orang luka berat, dan 3.922 orang luka ringan.

Persiapan yang baik akan menjadi kunci meminimalkan risiko terjadinya peristiwa serupa. Ragam persiapan pun tak melulu seputar kendaraan. Simak berikut ini:

1. Kondisi kendaraan

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.