Menanti Dukungan Presiden Jokowi Soal MotoGP Indonesia

Kompas.com - 11/01/2016, 13:18 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Desember 2015, draft Keputusan Presiden (Keppres) MotoGP Indonesia sudah selesai disusun oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) beserta kementerian terkait lainnya. Saat itupula dikirimkan ke Sekretariat Negara (Setneg) untuk segera ditindaklanjuti Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sampai saat ini, Keppres tersebut belum ditandatangani, padahal targetnya harus selesai sebelum 30 Januari 2016. Lantas kapan Keppres MotoGP Indonesia 2017 dikeluarkan?

Menpora Imam Nahrawi menjelaskan, pihaknya beserta kementerian terkait lainnya masih menunggu masterplan MotoGP dan Sirkuit International Sentul. Sebab, pola induk perencanaan MotoGP itu sangat ketergantungan dengan keputusan Keppres.

“Kita masih menunggu semuanya. Di rapat koordinasi (rakor) antar kementerian juga tadi dibahas dan semuanya mendukung,” ujar Imam usai mengikuti rakor di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di Jakarta Pusat, Senin (11/1/2016).

Aditya Maulana, KompasOtomotif Erik Tohir, Puan Maharani dan Imam Nahrowi usai melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) MotoGP dan Asian Games 2016.

Di tempat yang sama, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani ikut angkat bicara. Menurutnya, Menpora sudah melaporkan semua rencana MotoGP 2017 Indonesia dalam rakor tersebut dan semua kementerian terkait sangat mendukung Indonesia bisa menjadi tuan rumah MotoGP 2017.

“Kita tadi juga membahas MotoGP 2017 di Indonesia. Semoga sebelum 30 Januari kita sudah bisa memutuskan apakah Indonesia siap menggelar MotoGP 2017,” ujar Puan.

Sementara itu, Direktur Sirkuit International Sentul Tinton Soeprapto menambahkan, semua hal yang menyangkut MotoGP 2017 sudah semakin mengerucut dan semua kementerian terkait menunjukan keseriusan dan dukungannya.

“Sekarang kita harapkan Keppres sudah selesai dalam waktu dekat ini. Tadi kata ibu (Puan Maharani) Keppres bisa dikebut dalam dua hari juga bisa selesai,” kata Tinton di tempat yang sama.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Rapat Koordinasi (Rakor) Asian Games 2016 dan MotoGP 2017 di Indonesia.

Mulai Renovasi

Tak hanya itu, Tinton juga menuturkan kalau Sirkuit Sentul sudah mulai direnovasi, tetapi masih dalam tahap merapihkan lahan. “Seperti pohon-pohon disekitarnya sudah mulai ditebang, kita lakukan secara bertahan sambil menunggu Keppres MotoGP Indonesia dikeluarkan, ucap Tinton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.