Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan MotoGP Indonesia Berlangsung pada Akhir Tahun

Kompas.com - 23/12/2015, 09:41 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif — Indonesia siap menjadi salah satu tuan rumah MotoGP musim 2017 hingga 2019. Nantinya, balapan sepeda motor bergengsi di dunia ini akan berlangsung antara September, Oktober, atau November 2017.

Menurut Irawan Sucahyono, mantan Sekjen Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang kini ikut mengurus MotoGP Indonesia, diselenggarakannya MotoGP Indonesia pada akhir tahun karena keinginan dari pemerintah. Penempatannya setelah atau sebelum Malaysia masih belum diputuskan.

“Kami tidak minta setelah atau sesudah MotoGP Malaysia. Kami hanya meminta pada akhir-akhir saja sebelum Valencia. Nantinya bisa saja Phillip Island, Malaysia, Indonesia atau Phillip Island, Indonesia, baru Malaysia,” ujar Irawan di kantor Kemenpora, Jakarta Selatan, Selasa (22/12/2015) malam.

Sebenarnya, lanjut Irawan, seri Phillip Island dan Malaysia itu sudah diatur oleh Dorna Sport. Hal itu dilakukan untuk menghemat biaya transportasi. Maka dari itu, menurut Irawan, guna menyelaraskan keinginan Dorna, slot Indonesia juga diminta akhir tahun.

“Jadi transportasi seluruh promotor itu menggunakan pesawat. Kalau hitungannya dari Phillip Island ke Malaysia lalu ke Indonesia atau sebaliknya lebih murah ketimbang misalnya dari Phillip Island ke Eropa, lalu ke Asia lagi,” kata Irawan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com