Kompas.com - 24/11/2015, 17:14 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Karawang, KompasOtomotif – Sehari setelah All-New Kijang Innova debut dunia, Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merayakan produksi massal model yang sudah mengandung 85 persen komponen lokal ini di pabrik Karawang I di Karawang, Jawa Barat, Selasa (24/11/2015).

Peralihan produksi dari model lama sudah dilakukan sejak bulan lalu. Produksi pertama All-New Innova sudah dimulai pada awal November dan kini distribusi untuk pasar domestik telah berjalan.

Kijang pertama kali meluncur dan diproduksi di Indonesia pada 1977, saat itu kandungan lokalnya hanya 18 persen. Seiring pengembangan selama 38 tahun, generasi keenamnya, All-New Kijang Innova, lahir dengan muatan lokal tertinggi di antara model produksi TMMIN lainnya.

Febri Ardani/KompasOtomotif Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).
“Produksi model terbaru Kijang ini tidak akan mungkin terlaksana tanpa kerja sama yang baik dari mitra kami di TAM (Toyota Astra Motor), pemasok lokal, diler, dan banyak lagi, serta dukungan yang luar biasa dari pemerintah dan rakyat Indonesia," kata Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami dalam sambutannya.

Generasi pertama Innova sebagai penerus empat generasi Kijang sebelumnya lahir di Indonesia pada 2004. Kijang Innova masuk dalam proyek International Multi-purpose Vehicle (IMV) dan Indonesia diputuskan Toyota Motor Corporation terlibat dalam pengembangannya.

Kijang merupakan model pertama yang diekspor Toyota Indonesia pada 1987. All-New Kijang Innova bakal meneruskan peran itu hingga masa depan.

Menteri Perindustrian Saleh Husin datang menghadiri perayaan ini, ia mengatakan, menambah jumlah pemasok lokal seperti dilakukan TMMIN untuk All-New Innova memberikan kontribusi besar untuk ekonomi negara.

“TMMIN selama ini terlah menjadi pabrik mobil berskala global. Tidak hanya untuk dalam negeri tapi juga ekspor. Produksi Innova baru 5.000 unit per bulan akan meningkatkan pangsa pasar Toyota di dalam negeri dan juga ekspor,” kata Saleh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.