Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2015, 13:55 WIB
|
EditorAris F Harvenda

Valencia, KompasOtomotif – Ducati mengaku sudah optimal mendesain Desmosedici GP15 untuk musim depan. Manajer tim Gigi Dall’Igna memastikan bahwa "sayap" - biasa disebut winglet - tetap menghiasi fairing sepeda motor dengan kelir kebesaran merah kombinasi putih itu.

Buat Dall’igna, sayap tersebut mempunyai ”khasiat” mempertahankan kestabilan sepeda motor, terutama saat berakselerasi.

”Aerodinamika, saya pikir menjadi area yang tidak terlalu dipikirkan dalam balap sepeda motor. Jadi, saya akan berfokus untuk itu (pengembangan sayap), dan saya cukup senang dengan kemajuannya,” kata Dall’Igna.

Pria Italia itu juga mengatakan, sayap pada fairing berguna untuk menambah bobot roda depan. ”Jadi, untuk anti-wheelie (ban depan terangkat), ini adalah sesuatu yang akan membantu. Pasti ada pengembangan di masa depan, meski hanya sedikit, semacam improvisasi kecil,” imbuh Dall’Igna.

Di bawah komando Dall’Igna, Ducati mulai kembali menggunakan winglet pada musim 2015 di Qatar, lalu diperbaiki pada saat GP Jerman. Bagian kedua yang dipasang pada ujung fairing—sama seperti yang Yamaha lakukan—muncul pada GP Jepang, Oktober 2015 silam.

Ducati sangat menginginkan pencapaian lebih dibandingkan hasil lalu, dimana Iannone harus puas di posisi ke-4, sementara Dovozioso terpeleset di posisi ke-7. Target tim yang mematok minimal memenangi salah satu seri, hingga saat ini belum tercapai.

Dall’Igna menegaskan bahwa prioritas utama pengembangan Ducati Desmosedici GP16 adalah beradaptasi dengan ban Michelin, peranti lunak wajib, dan dirinya menjamin winglet tetap akan terpasang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com