Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati MotoGP Tetap Gunakan "Sayap"

Kompas.com - 19/11/2015, 13:55 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Crash

Valencia, KompasOtomotif – Ducati mengaku sudah optimal mendesain Desmosedici GP15 untuk musim depan. Manajer tim Gigi Dall’Igna memastikan bahwa "sayap" - biasa disebut winglet - tetap menghiasi fairing sepeda motor dengan kelir kebesaran merah kombinasi putih itu.

Buat Dall’igna, sayap tersebut mempunyai ”khasiat” mempertahankan kestabilan sepeda motor, terutama saat berakselerasi.

”Aerodinamika, saya pikir menjadi area yang tidak terlalu dipikirkan dalam balap sepeda motor. Jadi, saya akan berfokus untuk itu (pengembangan sayap), dan saya cukup senang dengan kemajuannya,” kata Dall’Igna.

Pria Italia itu juga mengatakan, sayap pada fairing berguna untuk menambah bobot roda depan. ”Jadi, untuk anti-wheelie (ban depan terangkat), ini adalah sesuatu yang akan membantu. Pasti ada pengembangan di masa depan, meski hanya sedikit, semacam improvisasi kecil,” imbuh Dall’Igna.

Di bawah komando Dall’Igna, Ducati mulai kembali menggunakan winglet pada musim 2015 di Qatar, lalu diperbaiki pada saat GP Jerman. Bagian kedua yang dipasang pada ujung fairing—sama seperti yang Yamaha lakukan—muncul pada GP Jepang, Oktober 2015 silam.

Ducati sangat menginginkan pencapaian lebih dibandingkan hasil lalu, dimana Iannone harus puas di posisi ke-4, sementara Dovozioso terpeleset di posisi ke-7. Target tim yang mematok minimal memenangi salah satu seri, hingga saat ini belum tercapai.

Dall’Igna menegaskan bahwa prioritas utama pengembangan Ducati Desmosedici GP16 adalah beradaptasi dengan ban Michelin, peranti lunak wajib, dan dirinya menjamin winglet tetap akan terpasang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com