Melesat 100 Kpj Menggunakan Kijang Innova Diesel Terbaru

Kompas.com - 12/11/2015, 11:21 WIB
Toyota Kijang Innova terbaru tampil lebih mewah dan berkelas KompasOtomotifToyota Kijang Innova terbaru tampil lebih mewah dan berkelas
EditorAris F Harvenda
Aichi, KompasOtomotif — Masih dalam rangkaian kunjungan ke sarana Toyota di Toyota City, Aichi, Jepang, awak redaksi mendapat kesempatan kedua untuk mencoba Kijang Innova terbaru. Kali ini giliran versi diesel.

Masih tetap menjadi penumpang dengan rute yang sama. Begitu pula dengan prosedur uji coba, merasakan varian lama, setelah itu mencicipi Innova diesel terbaru.

Sebelum mencoba, ada hal penting yang harus dibuktikan terlebih dahulu. Menurut info, mesin baru 2GD yang dilengkapi turbo intercooler dan VNT mempunyai kelebihan yang salah satunya adalah minim getaran.

Untuk membuktikannya, awak redaksi langsung mengambil botol plastik berisi air, lalu diletakkan di atas kap mesin versi lama. Terlihat air di dalam botol berguncang dan beriak yang menandakan getaran cukup besar.

Botol pun dipindahkan ke Kijang Innova diesel terbaru. Hasilnya, riak air cukup tenang, tidak seperti sebelumnya. Artinya, memang mesin baru yang dibenamkan Toyota pada generasi kedua ini minim getaran. Sayang, KompasOtomotif tidak bisa mengambil foto sebagai bukti otentik karena semua alat perekam tidak boleh dibawa.

Suara

Perbedaan lain yaitu suara khas mesin diesel saat awal berakselerasi hanya sayup-sayup terdengar. Bahkan, bisa dikatakan hampir sulit membedakan antara versi diesel atau bensin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suara khas diesel baru mulai terdengar ketika bukaan gas mulai menyentuh di atas 2.000 rpm. Akselerasi untuk mencapai 100 kpj pun terasa lebih cepat dan tidak membutuhkan rpm yang tinggi seperti pendahulunya.

Klaim Toyota pada Innova bermesin baru ini, selain mempunyai tenaga lebih besar, efisiensi BBM pun meningkat.

Spesifikasi mesin diesel Innova 2015
Tipe : 2GD FTV, DOHC, 16 katup, VNT
Induksi : turbo, intercooler
Kapasitas : 2.393cc
Tenaga :149 tk @ 3.400 rpm
Torsi : 360 Nm @ 1.200 - 2.600 rpm



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.