Sensasi Jadi Penumpang di Kijang Innova Terbaru

Kompas.com - 11/11/2015, 13:38 WIB
Toyota Kijang Innova generasi kedua KompasOtomotifToyota Kijang Innova generasi kedua
EditorAris F Harvenda
Aichi, KompasOtomotif - Setelah puas melihat dari dekat Toyota Kijang Innova terbaru, awak redaksi dapat kesempatan untuk mencoba di sirkuit oval di sarana pengetesan milik Toyota di Toyota City, Aichi, Jepang, akhir Oktober lalu. Namun, kali ini hanya menjadi penumpang.

Sebelum mencoba model baru, KompasOtomotif terlebih dahulu menjajal versi sebelumnya supaya mudah membedakan. Lintasan yang dilalui cukup variatif. Semua kontur jalan tersedia, mulai dari aspal halus, beton, bergelombang, rusak, dan berlubang.

Ayunan

Saat melintasi jalan tidak rata, ayunan suspensi masih terasa nyaman. Hampir tidak ada beda dengan pendahulunya. Begitu pula saat melewati jalan berlubang, benturan antara ban dan lintasan tidak begitu mengganggu kenyamanan. Penggunaan profil ban tebal yang sama dengan model sebelumnya masih bisa meredam benturan dengan baik.

Gejala limbung pada generasi kedua ini terasa berkurang saat beberapa kali melakukan perpindahan jalur. Paling besar perubahannya adalah kesenyapan kabin lebih baik, paling terasa bedanya ketika melewati jalan yang dibuat dari beton.

Laju

Untuk varian yang menggunakan bahan bakar bensin mesinnya masih sama, 1TR-FE, 2.0L, dengan variabel katup ganda (dual VVT-i). Penyesuaian dan penyempurnaan dilakukan pada "otak" saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bedanya, untuk mencapai kecepatan 100 kpj, tak perlu membuka gas hingga rpm tinggi (Innova lama = 2.800 rpm; baru = 2.400 rpm). Jadi untuk mendapatkan kecepatan ideal atau maksimal tidak perlu menekan pedal gas lebih dalam. Tentu hal tersebut bisa meningkatkan efisiensi BBM.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.