Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahasa Desain "Crossover" Murah Datsun untuk Indonesia

Kompas.com - 05/11/2015, 15:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif — Datsun telah meluncurkan Go-cross Concept, crossover terbaru yang disebut-sebut bakal menjadi ”mainan” khusus untuk pasar Indonesia. Debut model ini dilakukan di Yokohama, Jepang, kantor pusat Nissan.

Dari tampangnya, model ini mempunyai napas baru ketimbang mobil-mobil Datsun sebelumnya. GO-cross Concept memiliki desain bahu meliuk ke atas dengan "jentikan" tegas yang melengkung ke arah tailgate. Bahasa desain masa depan Datsun disebut-sebut ada pada mobil ini.

Gril ”D-Cut” khas Datsun berukuran lebih besar. Posisinya diletakkan lebih ke atas untuk menonjolkan tepian bonnet yang lebih tinggi berlapis black-chrome. Fitur unik lainnya, LED headlights dan LED taillights yang berkesan high-tech.

Datsun Datsun Go-Cross Concept tampak bagian belakang.
Kesan gagah dan agresif didapat dari fender ala 4x4 yang lebih lebar dan body-cladding ekstensif. Cladding atau biasa disebut pelapis bagian bawah meliputi pengaman di bawah gril depan dan juga di bawah tailgate pada bagian belakang.

Meski tidak dimaksudkan untuk memiliki penggerak empat roda, Datsun GO-cross Concept memiliki ground clearance lebih tinggi dibandingkan Datsun GO+ untuk menempuh medan yang lebih keras. Kemampuan ini ditonjolkan melalui pelek aluminium 17 inci.

Datsun Desain agresif dengan ground clearance tinggi.
Berbeda dengan bagian bawah, separuh bagian atas mobil menonjolkan desain lebih dinamis dengan lengkungan lembut yang juga dapat ditemukan pada bagian jendela samping. Terdapat roof rack sebagai salah satu ciri SUV atau crossover.

Tidak ada keterangan tentang mesin, tetapi kemungkinan Datsun tetap menggunakan jantung pacu bensin 1.200 cc tiga silinder dengan transmisi manual 5-percepatan seperti Go+ Panca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com