Bahasa Desain "Crossover" Murah Datsun untuk Indonesia

Kompas.com - 05/11/2015, 15:25 WIB
Datsun GO-cross Concept yang diperkenalkan dalam World Premiere di Kantor Pusat Nissan Global di Yokohama, Jepang, Kamis (29/10/2015). Mobil konsep yang memiliki roh dan rasa petualangan ini membedakan dirinya dari Datsun GO  meskipun keduanya berbagi platform yang sama. KOMPAS.com / FIKRIA HIDAYATDatsun GO-cross Concept yang diperkenalkan dalam World Premiere di Kantor Pusat Nissan Global di Yokohama, Jepang, Kamis (29/10/2015). Mobil konsep yang memiliki roh dan rasa petualangan ini membedakan dirinya dari Datsun GO meskipun keduanya berbagi platform yang sama.
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif — Datsun telah meluncurkan Go-cross Concept, crossover terbaru yang disebut-sebut bakal menjadi ”mainan” khusus untuk pasar Indonesia. Debut model ini dilakukan di Yokohama, Jepang, kantor pusat Nissan.

Dari tampangnya, model ini mempunyai napas baru ketimbang mobil-mobil Datsun sebelumnya. GO-cross Concept memiliki desain bahu meliuk ke atas dengan "jentikan" tegas yang melengkung ke arah tailgate. Bahasa desain masa depan Datsun disebut-sebut ada pada mobil ini.

Gril ”D-Cut” khas Datsun berukuran lebih besar. Posisinya diletakkan lebih ke atas untuk menonjolkan tepian bonnet yang lebih tinggi berlapis black-chrome. Fitur unik lainnya, LED headlights dan LED taillights yang berkesan high-tech.

Datsun Datsun Go-Cross Concept tampak bagian belakang.
Kesan gagah dan agresif didapat dari fender ala 4x4 yang lebih lebar dan body-cladding ekstensif. Cladding atau biasa disebut pelapis bagian bawah meliputi pengaman di bawah gril depan dan juga di bawah tailgate pada bagian belakang.

Meski tidak dimaksudkan untuk memiliki penggerak empat roda, Datsun GO-cross Concept memiliki ground clearance lebih tinggi dibandingkan Datsun GO+ untuk menempuh medan yang lebih keras. Kemampuan ini ditonjolkan melalui pelek aluminium 17 inci.

Datsun Desain agresif dengan ground clearance tinggi.
Berbeda dengan bagian bawah, separuh bagian atas mobil menonjolkan desain lebih dinamis dengan lengkungan lembut yang juga dapat ditemukan pada bagian jendela samping. Terdapat roof rack sebagai salah satu ciri SUV atau crossover.

Tidak ada keterangan tentang mesin, tetapi kemungkinan Datsun tetap menggunakan jantung pacu bensin 1.200 cc tiga silinder dengan transmisi manual 5-percepatan seperti Go+ Panca.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X