Indonesia Negara Kedua yang Pasarkan X-Trail Hybrid

Kompas.com - 04/11/2015, 16:14 WIB
Nissan X-Trail Hybrid Azwar Ferdian/KompasOtomotifNissan X-Trail Hybrid
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Purwakarta, KompasOtomotif - Kesuksesan Nissan X-Trial hybrid di Jepang memberikan dampak positif bagi penjualannya. Dalam satu bulan permintaanya mencapai 5.000 unit melebihi target awal yang hanya 2.500 unit.

Kesuksesan ini pun dimanfaatkan oleh Nissan Motor Indonesia (NMI) dengan mendatangkan versi X-Trail hybrid mulai Agustus lalu. Indonesia resmi menjadi negara ke dua yang memasarkan SUV hybrid ketimbang Thailand dan negara ASEAN lainnya.

"Di dunia Indonesia jadi negara ke dua yang memasarkan X-Trail hybrid setelah negara asalnya (Jepang)," ucap General Manager Product Planning and Marketing Strategy NMI Budi Nur Mukmin di Purwakarta, Rabu (11/4/2015).

Menurutnya, salah satu pertimbangan dipilihnya Indonesia menjadi negara kedua setelah Jepang karena faktor pertumbuhan SUV di dalam negeri yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan perolehan market share yang mencapai 30 persen sejak awal generasi ke tiga X-Trail meluncur di 2014 silam.

"Indonesia menjadi pasar besar di ASEAN bagi Nissan. Saya optimis X-Trail hybrid akan sukses dengan beragam kelebihan yang dimiliki. Sebagai gambaran hyrbird 200-300 unit setahun, kalau dikupas, 95 persennya itu sedan. Hal ini wajar karena memang adanya itu saja di Indonesia. Ini jadi peluang besar bagi kami," ujarnya.

Target

Meski tak ada terget khusus yang diterapkan NMI untuk menjual varian hybrid dari X-Trail, tapi upaya untuk memasarkanya tetap akan dilakukan. Salah satunya seperti sosialisasi ke beberapa kota besar yang bertujuan untuk lebih mengenalkan teknologi yang dimiliki SUV hybrid ini.

"Kami sadar konsumen akan bertanya-tanya, butuh pengetahuan lebih jauh oleh karena itu kita bikin acara dibeberapa kota. Untuk terget sendiri secara volume memang tidak ada, tapi NMI akan berupaya menjual lima unit dalam sebulan," kata Budi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X