Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tokyo Motor Show 2015

"PDKT" dengan Mazda Koeru di Kampung Halaman

Kompas.com - 02/11/2015, 15:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Bintang stan Mazda di Tokyo Motor Show 2015 sudah tentu konsep generasi mobil sport dengan mesin rotary, RX-Vision, tetapi masih ada pemain utama lain, yaitu konsep calon SUV baru, Koeru. Debut dunia Koeru sudah dilakukan di Frankfurt Motor Show pada September lalu, tetapi baru sekarang crossover itu ditampilkan di kampung halamannya sendiri.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mazda Koeru debut untuk publik Jepang di Tokyo Motor Show 2015.
Publik Jepang kini bisa “PDKT” dengan konsep yang membuktikan Mazda serius menggarap potensi segmen crossover. Dalam bahasa Inggris, Koeru artinya “exceed”atau “melampaui” bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia.  

Sama seperti saudaranya yang lain, Koeru juga dibekali teknologi Skyactiv yang dibungkus desain Kodo. Mazda mengatakan, proporsi bodi menggunakan estetika Jepang. Hasilnya, evolusi tema Kodo pada desain crossover.

Febri Ardani/KompasOtomotif Tampak belakang Mazda Koeru.
Mobil berkapasitas 5-penumpang ini memiliki dimensi panjang 4,6 m, lebar 1,9 m, dan tinggi 1,5m. Lebih panjang, lebih lebar, dan lebih pendek dari CX-5, tetapi menggunakan jarak poros roda yang sama, 2,7 m. Dari rumor yang beredar, Koeru bisa jadi model baru CX-4 atau generasi penerus CX-5. Sebelumnya, Mazda sudah melahirkan crossover lebih kecil, yaitu CX-3.

Hal lain yang dijelaskan, kabin Koeru lebih senyap dibanding model sekelas. Selain itu, Mazda sudah membekalinya dengan teknologi keamanan i-Avtivsense dan Mazda Connect. Belum ada keterangan soal kapasitas mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com