Laporan langsung dari Jepang

”Ledakan” Honda BR-V Bukan Hanya Euforia

Kompas.com - 31/10/2015, 07:48 WIB
Honda BR-V mempunyai karakter SUV tapi dibalut kenyamanan MPV. KompasOtomotif-Donny AprilianandaHonda BR-V mempunyai karakter SUV tapi dibalut kenyamanan MPV.
|
EditorAgung Kurniawan

Motegi, KompasOtomotif – Honda BR-V siap menjadi idola baru, khususnya orang-orang yang mencari mobil dengan kapasitas tujuh penumpang. Baru ditampilkan dalam bentuk prototipe dalam pameran internasional di Indonesia beberapa waktu lalu, jumlah pemesan meluber di luar ekspektasi.

Berdasarkan data kasar yang diberikan Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandi, saat ini jumlah pengantre Honda BR-V sudah lebih dari 3.500. Angka tersebut dihitung sejak pertama kali pemesanan dibuka, yakni sekitar akhir Agustus dan awal November 2015.

”Sampai akhir tahun bisa lebih 4.000 unit. Target awal kami memang sebulan 1.000 pemesan, namun sekarang kalau dikira-kira sudah hampir 1.200 pemesanan per bulan. Kalau melihat trennya, bisa bertambah,” kata Jonfis di sela test drive Honda BR-V di Twin Ring Motegi, Jepang, (27/10/2015).

Pemesanan yang di luar dugaan itu ikut mempengaruhi produksi yang dilakukan pabrik HPM di Karawang, Jawa Barat. Jonfis mengatakan bahwa target produksi di awal hanya 2.000-an unit per bulan, kini ditambah menjadi 3.000 sampai 4.000-an unit pada bulan-bulan pertama setelah dikenalkan.

”Nanti kalau booking-an lewat dari 5.000 unit, konsumen tidak perlu menunggu lama. Kami akan adjust produksi. Untuk target tahun depan, kami belum bisa memastikan. Nanti setelah melihat tren terakhir pada Desember 2015, kami akan tentukan targetnya,” ucap Jonfis.

Memang, euforia akan selalu ada pada peluncuran mobil baru. Namun Jonfis memprediksi setelah masa-masa euforia selesai, Honda BR-V akan tetap stabil bahkan berpotensi membesar, karena pasar yang dimakan tak hanya low SUV, tetapi juga low MPV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.