Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Jepang

Honda BR-V Diprediksi Makan Banyak ”Korban”

Kompas.com - 30/10/2015, 10:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Motegi, KompasOtomotif – Kedatangan Honda BR-V di Indonesia diprediksi mengubah pasar yang selama ini terbentuk. Tak hanya menggerus low SUV yang akan dimasuki, tetapi juga diprediksi memangkas pasar low MPV. Hasil perkawinan SUV dan MPV dengan tempat duduk untuk 7 orang itu seolah-olah menciptakan ceruk baru yang siap caplok kanan-kiri.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandi meyakini, BR-V akan diterima cukup baik di Indonesia, bahkan siap memakan Mobilio sekali pun yang notabene berstatus sebagai saudara sendiri.

Low SUV pasti kena (market share-nya). Lalu segmen tambahannya dari low MPV. Segmen yang terakhir ini kan pasarnya besar, mobil apa pun dengan range harga yang menjangkau segmen itu sudah pasti termakan, termasuk Mobilio,” ujar Jonfis di sela-sela test drive media se-Asia Oseania, Selasa (27/10/2015) lalu di Motegi, Jepang.

Tekan low MPV
Timing datangnya BR-V juga dirasa cukup tepat. Tahun ini, menurut Jonfis, pasar low MPV turun sekitar 20 persen. Tentu Honda juga kena imbasnya dengan penurunan penjualan Mobilio dengan persentase hampir sama. Namun, pasar low SUV dan SUV (secara total) naik cukup tinggi, bisa lebih dari 100 persen.

”Orang Indonesia mulai menunggu SUV. BR-V tak hanya akan memakan Mobilio, dan itu tidak mengapa karena sama-sama Honda, tapi juga akan menggerus pasar low MPV sekitar 14-20 persen, karena banyak orang menunggu BR-V,” ucap Jonfis.

Kendati demikian, untuk saat ini, Mobilio belum terlalu terdampak karena ditolong oleh liburan anak sekolah Juni-Juli, datangnya motor show di Indonesia, yang mana cukup signifikan menaikkan penjualan. Dipakainya Mobilio sebagai taksi juga menambah benefit untuk image dan penjualan.

Sekadar info, saat ini pasar low SUV diisi Rush-Terios, diganggu juga oleh Ford Ecosport. Sementara low MPV cukup banyak,mulai dari si kembar Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga Chevrolet Spin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com