Canggih, Ban Belakang Ferrari Bisa Belok

Kompas.com - 16/10/2015, 13:47 WIB
Ferrari teknologi Passo Corto Virtuale (PCV/virtual jarak pendek poros roda) pada model terbaru F12tdf. WorldcarfansFerrari teknologi Passo Corto Virtuale (PCV/virtual jarak pendek poros roda) pada model terbaru F12tdf.
|
EditorAgung Kurniawan

Maranello, KompasOtomotif – Teknologi ban belakang yang bisa berbelok sepertinya akan umum digunakan pada mobil-mobil produksi. Bulan lalu Porsche merilis video penjelasan teknologi itu yang dimiliki edisi facelift 911 Carrera S, kini Ferrari yang unjuk gigi memperkenalkan teknologi Passo Corto Virtuale (PCV/virtual jarak pendek poros roda) pada model terbaru F12tdf.

PCV adalah inovasi gerak roda belakang yang bisa disetir terbaru milik Ferrari. Fungsi utamanya secara signifikan menambah stabilitas berkendara, terutama ketika keluar-masuk tikungan dalam kecepatan tinggi.

PCV bekerja mengandalkan perangkat yang memiliki kemampuan kontrol logika. Secara otomatis, perintah gerakan kanan dan kiri ban belakang disesuaikan dengan kecepatan, gerakan setir, dan sudut belok ban depan.

Worldcarfans Ferrari F12tdf hanya dibuat 799 unit.
Dalam video dijelaskan, penggunaan ban depan lebih lebar dibanding ban belakang bisa meningkatkan performa di sirkuit. Namun masalah yang timbul menggunakan konfigurasi itu, oversteer makin sering kejadian. Pada F12tdf, konfigurasinya bekerja maksimal dengan PCV, sebab ban belakang membantu menyeimbangkan posisi bodi tetap di racing line.

Ferrari telah memperkenalkan F12tdf pada Selasa (13/10/2015). Model yang dibuat terbatas hanya 799 unit ini dibekali mesin V12 6.262 cc yang juga digunakan F12 berlinetta. Tenaga F12tdf mencapai 780 PS atau lebih besar 40 PS dari F12. Meski sudah dikenalkan Ferrari belum merilis harganya di pasaran.

Berikut video penjelasannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X