Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggih, Ban Belakang Ferrari Bisa Belok

Kompas.com - 16/10/2015, 13:47 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Maranello, KompasOtomotif – Teknologi ban belakang yang bisa berbelok sepertinya akan umum digunakan pada mobil-mobil produksi. Bulan lalu Porsche merilis video penjelasan teknologi itu yang dimiliki edisi facelift 911 Carrera S, kini Ferrari yang unjuk gigi memperkenalkan teknologi Passo Corto Virtuale (PCV/virtual jarak pendek poros roda) pada model terbaru F12tdf.

PCV adalah inovasi gerak roda belakang yang bisa disetir terbaru milik Ferrari. Fungsi utamanya secara signifikan menambah stabilitas berkendara, terutama ketika keluar-masuk tikungan dalam kecepatan tinggi.

PCV bekerja mengandalkan perangkat yang memiliki kemampuan kontrol logika. Secara otomatis, perintah gerakan kanan dan kiri ban belakang disesuaikan dengan kecepatan, gerakan setir, dan sudut belok ban depan.

Worldcarfans Ferrari F12tdf hanya dibuat 799 unit.
Dalam video dijelaskan, penggunaan ban depan lebih lebar dibanding ban belakang bisa meningkatkan performa di sirkuit. Namun masalah yang timbul menggunakan konfigurasi itu, oversteer makin sering kejadian. Pada F12tdf, konfigurasinya bekerja maksimal dengan PCV, sebab ban belakang membantu menyeimbangkan posisi bodi tetap di racing line.

Ferrari telah memperkenalkan F12tdf pada Selasa (13/10/2015). Model yang dibuat terbatas hanya 799 unit ini dibekali mesin V12 6.262 cc yang juga digunakan F12 berlinetta. Tenaga F12tdf mencapai 780 PS atau lebih besar 40 PS dari F12. Meski sudah dikenalkan Ferrari belum merilis harganya di pasaran.

Berikut video penjelasannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com