Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal di Kontrakan atau Kos Bisa Kredit Motor, Asal...

Kompas.com - 15/09/2015, 06:51 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Calon konsumen sepeda motor yang berstatus sebagai bujangan, atau tinggal di rumah kontrak/ kos, biasanya berpikir dua kali untuk membeli secara kredit. Ketakutan tidak disetujui cukup besar, namun berbagai diler sudah sering menyosialisasikan bahwa hal tersebut bukan kendala berarti.

KompasOtomotif mengunjungi beberapa diler sepeda motor di daerah Jakarta Timur secara acak beberapa waktu lalu, khusus menanyakan soal kredit sepeda motor, fasilitas, dan kemudahannya. Soal domisili pemohon kredit, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

”Tidak masalah sebenarnya, tapi memang analis kredit biasanya agak menomorduakan pengajuan kredit jika belum punya rumah sendiri. Asal data meyakinkan pasti disetujui,” ujar Fatmawati, salah tenaga pemasaran dealer Honda Radin Inten.

KompasOtomotif merangkum beberapa kiat agar permohonan kredit disetujui meski sedang tinggal di rumah kos atau kontrakan. Berikut tipsnya:

1. Penghasilan tetap. Pastikan Anda mempunyai pekerjaan tetap yang sudah pasti punya penghasilan rutin setiap bulannya. Perkirakan antara gaji dan besaran cicilan. Dengan kata lain, cicilan jangan sampai lebih dari 30 persen gaji Anda. Lebih baik lagi, status karyawan tetap akan lebih disukai dan mempermudah proses.

2. Uang muka besar. Memberikan uang muka tidak di ambang batas minimal menunjukkan keseriusan Anda. Analis kredit akan menilai dari hal ini soal, alasannya, semakin besar uang muka berarti cicilan akan semakin kecil. Keseriusan ini memperkecil kemungkinan adanya tunggakan.

3. Lengkapi data. Patuhi semua data yang diminta untuk memperkuat pengajuan kredit Anda. Misalnya, slip gaji, rekening koran, atau surat keterangan domisili. Data-data yang akurat dan meyakinkan bakal menjadi pertimbangan.

4. Jaminan. Andai Anda dinilai tidak mampu, leasing akan meminta menyebutkan penjamin. Misalnya, orang tua jika Anda belum menikah. Bbisa juga saudara kandung atau saudara lainnya yang masih ada hubungan dekat. Orang-orang ini akan menjadi ”dimintai pertanggung jawaban” jika kreditur mangkir dan sulit dihubungi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com