Trik Mengemudi di Beberapa Kota Dunia, Ada yang Boleh Melawan Arus!

Kompas.com - 29/06/2015, 17:15 WIB
illustrasi Adhis Anggianyillustrasi
|
EditorLatief

Denmark: Cek kolong mobil sebelum berangkat

Salah satu mantan negeri bangsa viking ini mengharuskan semua orang melihat rongga di bawah mobil sebelum menyalakan mesin. Mereka wajib memeriksa apakah ada seseorang berdiam di situ. Setelah dipastikan aman, barulah Anda boleh menyalakan mesin dan berangkat.

Kosta Rika: Menyetir sambil minum santai

Anda boleh meneguk minuman beralkohol saat menyetir di Kosta Rika. Tentu saja, tidak minum sampai mabuk. Jika kadar alkohol dalam darah lebih dari 0,75 persen, Anda bisa masuk hotel prodeo!

Rusia: cinta kebersihan

Sehabis berkendara di alam bebas penuh lumpur dan kotoran, segera bersihkan mobil. Saat memasuki daerah Negeri Beruang Merah ini, pastikan badan mobil bersih dan “kinclong”. Kalau tidak, Anda bisa kena denda!

Tak tanggung-tanggung. Denda itu bisa mencapai minimal 2.000 rubel atau sekitar Rp 500 ribu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jepang: Hati-hati cipratan air!

SHUTTERSTOCK Negeri Sakura sangat menghargai pejalan kaki, terutama saat hujan atau jalanan becek. Bagaimana tidak! Sengaja atau tidak sengaja, jika cipratan air dari mobil mengenai pejalan kaki, pengemudi harus membayar denda sekitar 8.000 yen atau Rp 900 ribu.

Singapura: Jaga jarak aman

Pemerintah Singapura sangat sayang pada pejalan kaki. Mereka memastikan warganya tidak terlibat kecelakaan akibat kendaraan bermotor. Di sana, pengemudi mobil wajib mengambil jarak minimal 50 meter dari trotoar. Wah, berjalan kaki di Singapura pasti sangat aman, ya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.