Kompas.com - 11/06/2015, 08:59 WIB
EditorAzwar Ferdian
Ubud, KompasOtomotif - Mengendarai mobil sport dua pintu, dua kursi dengan atap terbuka? Hmm, sepertinya itu menjadi impian siapapun di negeri ini. Biasanya mobil sport lansiran Eropa punya banderol setinggi langit. Tapi, Astra Daihatsu Motor (ADM) punya anti-tesisnya, dalam sosok Copen. Sportcar ini dibanderol kurang dari Rp 500 juta, dengan kapabilitas yang tidak kalah mentereng dengan mobil sport asal Eropa.

Daihatsu merancang konsep Copen dengan tiga pendekatan, yakni Fun Styling, Fun to Drive dan Advance Safety. Artinya, kendaraan ini diciptakan memang untuk bergaya, menyenangkan saat dikemudikan dan mengedepankan unsur keamanan.

KompasOtomotif menjadi salah satu peserta yang ikut merasakan sensasi berkendara Copen di Ubud, Bali, beberapa waktu lalu. Sebelum merasakan nikmatnya berada di belakang kemudi, awak redaksi sudah mencicipi rasanya menjadi penumpang Copen. Baca: Mendadak Jadi Seleb di Kursi Penumpang Copen

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Proses terbukanya atap Daihatsu Copen
Kini tiba saatnya untuk mengemudikan langsung. Mendapat model transmisi manual, sebagai varian yang bebas dijual untuk umum. Masuk ke dalam kabin dengan posisi atap masih tertutup, penguji ingin tahu bagaimana cara membuka atap secara langsung. Ternyata mudah, tinggal lepas pengunci di bagian atas, tekan tombol pembuka dan atap secara otomatis akan melipat selama 10 detik. Tapi ingat, pastikan tidak ada barang yang tersimpan di dalam bagasi bagian dalam karena ruang itu dikhususkan untuk atap yang melipat.

Masuk ke dalam kabin Copen memang tidak semudah mobil umum, karena ground clearance yang rendah. Kursi juga sudah model bucket lapis kulit, dengan sabuk pengaman satu titik. Jangan harapkan visibilitas yang maksimal seperti duduk di MPV, ujung kap mobil saja tidak terlihat dan perlu feeling lebih untuk mengetahui objek yang ada di depan.

Mata sempat memandang ke arah meter cluster yang apik, ada juga tombol start-stop, kemudi yang bisa diatur ketinggiannya, batang kemudi palang tiga dengan kontrol audio. Nuansa kabin yang sederhana tapi apik dan sporty.

HIdupkan mesin tinggal injak pedal rem, dan tekan tombol start. Suara terdengar halus dan tidak menggelegar layaknya mobil sport. Kopling ternyata enteng, dan sepertinya masih nikmat bila diajak stop and go di jalanan yang padat seperti Jakarta.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Mesin tiga silinder DOHC VVT-i plus Intercooler Turbo Charger berkapasitas 660 cc.
Dibekali mesin tiga silinder DOHC VVT-i plus Intercooler Turbo Charger berkapasitas 660 cc. Mesin menghasilkan daya 63 tk pada putaran 6.400 RPM dan torsi puncak 92 Nm pada putaran 3.200 RPM. Sudah dilengkapi pula dengan Electrical Throttle System atau Drive by Wire. Mesin mungil tidak membuat lemot di putaran bawah, injak gas Copen langsung ngacir. Turbo terasa di putaran 3.000 RPM, yang menjadi nilai lebih kei car ini.

ADM memilih kawasan Ubud untuk merasakan sensasi berkendara Copen. Kekurangannya, sulit untuk merasakan akselerasi maksimal karena kondisi jalan yang cukup padat. Tapi sudah cukup buat penguji menjawab rasa penasaran menjajal sensasi Copen.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Daihatsu Copen
Fitur keamanan sudah disematkan kontrol traksi, stabilitas kontrol, Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). Ada juga Brake Override System yakni sistem yang otomatis akan mengabaikan sinyal pedal gas, apabila pedal rem dan pedal gas terinjak secara bersamaan.

Masih ada fitur Emergency Stop Signal yang otomatis memberikan tanda bahaya (lampu hazard)kepada pengemudi di belakang apabila terjadi pengereman keras saat kecepatan lebih dari 60 kpj. Terakhir Dual SRS Airbag dan sistem perlindungan pejalan kaki, dimana bodi mobil mampu menyerap dampak tabrakan sehingga bisa meminimalisasi cedera pada pejalan kaki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.