Mendadak Jadi "Seleb" Duduk di Kursi Penumpang Copen

Kompas.com - 30/05/2015, 14:03 WIB
|
EditorAgung Kurniawan
Ubud, KompasOtomotif - Siang itu matahari sedang bersinar terang di Ubud, Bali. Cuaca panas dengan hembusan angin terasa menerpa kepala. Kami melaju pelan membelah hiruk-pikuk lalu-lintas Ubud dengan jalananya yang sempit tapi tertib.

Ratusan pasang mata seolah mengikuti gerak perlahan belasan mobil dengan warna cerah yang kami kendarai. Bingung? Mungkin mereka heran, mobil apa yang kami sedang uji. Bentuknya sedan sport mungil, dua pintu, dua kursi dengan atap yang bisa dibuka.

Kami tetap tersenyum cerah. Tak hanya senyum yang kami berikan, sesekali membalas lambaian tangan dari pejalan kaki, baik turis lokal ataupun mancanegara. Beberapa bidikan kamera ponsel sempat diarahkan ke rombongan, yang langsung dibalas dengan pose terbaik dari pengemudi ataupun penumpang, mirip selebritis yang melintas di depan para fansnya.

Daihatsu Copen memang begitu menggoda mata untuk melirik bahkan memerhatikan dengan seksama. Beruntung KompasOtomotif memilih duduk sebagai penumpang di sesi awal pengujian ini, yang dimulai Kamis (28/5/2015). Awak redaksi ingin melihat langsung respon dari publik mengenai Copen. Tebakan ternyata benar, hampir semua mata melihat Copen melintas, bahkan ketika rombongan berhenti karena macet, ada turis asing yang bertanya.

Istimewa Copen yang jadi pusat perhatian
"Mobil apa ini? Saya belum pernah melihat modelnya?" tanya pria bule yang sedang berjalan kaki bersama pasangannya itu. "Copen. Ini mobil milik Daihatsu," jawab saya singkat. "Daihatsu? Serius? Ini mirip dengan mobil sport Eropa. Boleh saya mengambil gambarnya," pinta dia. "Silahkan sebanyak yang Anda mau," jawab saya sambil kembali tersenyum.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan kesempatan langka bagi puluhan awak jurnalis dari berbagai media, untuk merasakan langsung sensasi berkendara Copen. KompasOtomotif menjadi salah satu peserta yang beruntung bisa mencicipi sedan sport kupe convertible ini.

Perjalanan dimulai dari Lakaleke Restaurant menuju Museum Blanco yang terkenal di Ubud. Meski panas, bagian atap mobil coba untuk tetap dibuka. Semangat berkendara Copen memang lebih menggebu dengan atap yang dibuka. Awak redaksi langsung duduk di kursi penumpang dengan jok bucket yang terasa memeluk erat dari belakang. Meski berstatus sebagai penumpang, sabuk pengaman juga wajib dipasang atau Anda akan ditegur oleh mobil dengan sinyal bunyi yang bervolume cukup keras.

Istimewa Interior Daihatsu Copen
Jok lapis kulit yang dilengkapi dengan penghangat ini dibuat rendah, tapi ruang kaki terbilang luas untuk penumpang dengan tinggi badan 175 cm. Dasbor dengan aksen karbon yang menambah aura sporty. Kompartemen utama persis di depan penumpang untuk meletakkan barang penting seperti dompet atau ponsel. Ventilasi AC berukuran besar, dengan tombol pengatur AC di bawah layar infotaintment.

Kesan sempit memang tidak bisa dihindarkan. Maklum saja Copen memang hanya khusus menampung dua penumpang tanpa adanya ruang tambahan. Tapi, masih ada dua cup holder di bagian tengah, lalu trim pintu dengan kantung barang, dan jaring di belakang kursi yang juga bisa digunakan untuk menyimpan barang kecil seperti tisu atau kacamata.

Ada dua skema warna interior yang ditawarkan, Black dan Beige yang bisa dipilih sesuai selera. Meski berstatus sebagai sedan sport, sistem infotainment tidak ditinggalkan begitu saja. Layar monitor ukuran besar ada di atas dasbor guna mendapat kesan kokpit futuristik. Semua yang ditawarkan membuat awak redaksi ingin berlama-lama dan menjadi pusat perhatian duduk di kursi penumpang mobil unik ini. Bak seleb!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.