Garansindo Gandeng ITS Siapkan Motor Nasional

Kompas.com - 10/06/2015, 19:01 WIB
CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah dan Rektor ITS Surabaya Joni Hermana menandatangani MoU kerjasa sama, di Surabaya, Rabu (10/6/2015). GaransindoCEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah dan Rektor ITS Surabaya Joni Hermana menandatangani MoU kerjasa sama, di Surabaya, Rabu (10/6/2015).
|
EditorAzwar Ferdian

Surabaya, KompasOtomotif - Mimpi Indonesia memiliki kendaraan bermotor sendiri masih belum terwujud. Kali ini, PT Garansindo Inter Global menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk bekerja sama menciptakan teknologi sepeda motor nasional.

Dalam keterangan resminya, pihak Garansindo mengaku punya ambisi memiliki sekaligus menjadi basis manufaktur otomotif pertama asli dari Indonesia. Klausal kerja sama antara kedua pihak disepakatai dalam nota kesepahaman yang ditandatangani CEO Garansindo Group Muhammad Al Abdullah dan Rektor ITS Surabaya Joni Hermana di Surabaya, Rabu (10/6/2015).

Joni Hermana mengatakan, ITS sudah memiliki kompetensi tim riset di bidang kendaraan listrik, terbukti lewat beberapa produk prototipe yang pernah dibuat. Beberapa sistem kendaraan listrik sudah berhasil dikuasai, mulai dari pengatur, penampil (display), sampai pengawasan (monitoring).

Salah satu prestasi yang berhasil dibuktikan ITS, adalah lewat ajang Shell Eco Marathon. ITS menjadi wakil satu-satunya Indonesia yang mampu meneliti dan memproduksi Engine Controller Unit (ECU)  untuk sepeda motor, bermerek Iquteche (Red: dibaca iki-utek-e).

"Kerjasama ini dilakukan bersifat multi year (jangka panjang). ITS diharapkan bisa menciptakan desain engineering (rekayasa industri), baik desain rekayasa motor listrik dan sistem kontrolnya. ITS juga diharapkan ikut mengawal Garansindo sampai terbentuknya sistem manufaktur industri sepeda motor listrik di Indonesia, dengan target produksi mulai dua sampai tiga tahun mendatang (2017-2018)," ujar Joni.

Muhammad Al Abdullah menambahkan, sinergi kedua pihak ini diharapkan bisa langgeng di masa depan. Lewat sejumlah pengalaman yang dimiliki Garansindo dalam bidang pemasaran dan layanan purna jual di otomotif, diyakini bisa berhasil.

"Kami yakninpengalaman kami bisa memberikan kontribusi yang positif untuk mewujudkan keberhasilan dari kerjasama ini melalui proses alih teknologi dari produsen global tersebut,” ucap Al.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.