Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Nasional Garansindo Berteknologi Listrik

Kompas.com - 10/02/2015, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Setelah mendapat informasi awal kalau PT Garansindo Inter Global (Grup Garansindo) menyiapkan sepeda motor nasional (motnas), ada informasi tambahan menyangkut teknologi yang disiapkan. Daripada bersaing dengan raksasa, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, atau Kawasaki, Garansindo mau membuka segmen baru dengan memasarkan motnas berteknologi listrik murni.

Muhammad Al Abdullah, CEO Garansindo mengatakan, tahun ini persiapan akan dilakukan mulai dari studi kelayakan dan kebutuhan lainnya. "Mudah-mudahan lancar, tahun depan pabrik sudah bisa mulai dibangun (ground breaking)," jelas Al kepada KompasOtomotif, Senin (9/2/2015).

Menurut Al, sepeda motor berteknologi listrik belum banyak diisi oleh produsen motor global. Selain itu, teknologi sepeda motor juga masih relatif canggih sehingga masih awam bagi masyarakat umum. Untuk memiliki teknologi, lantas Garansindo berniat menggandeng mitra asing, pemilik teknologi.

"Saya mau ke Jerman untuk bertemu dengan mitra pemilik teknologi, nanti akan ada transfer teknologi, tapi diproduksi secara lokal, oleh merek asli Indonesia," lanjut Al. Ketika mencoba lebih mendalami rencana ini, Al masih belum mau membeberkan lebih lanjut.

Rekayasa pengembangan mobil listrik nasional sudah dimulai oleh mantan Menteri BUMN Dahlan Iksan di era Kabinet Indonesia Bersatu II, yang sempat mencuat akhir 2014 lalu. Meski telah melahirkan beberapa konsep, namun sampai saat ini belum terlihat arah pasti ke mana proyek ini akan berlabuh.

Demilih jenis kendaraan yang relatif lebih sederhana dan merakyat, seperti sepeda motor. Garansindo berharap, rencananya bisa sukses. Bagaimana menurut Anda? 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com