Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Tantang Siapapun yang Mampu Pecahkan Rekor Civic Type R

Kompas.com - 10/06/2015, 09:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Nurburg, KompasOtomotif - Racikan Honda untuk Civic Type R terbaru sebagai hatchback gerak roda depan tercepat yang mengitari sirkuit legendaris di Jerman, Nurburgring, sepertinya tak mudah dikalahkan. Meski begitu, pemimpin proyek Civic Type R Hisayuki Yagi berjanji siapapun nanti yang bisa mengalahkan rekor putaran 7 menit 50 detik 63 detik akan langsung ditaklukan kembali.

Leftlanenews Honda Civic Type R di Geneva Motor Show 2015

Yagi sangat yakin sebab generasi baru Civic Type R masih punya ruang pengembangan. Kemampuan terbaik masih bisa diolah agar lebih maksimal dari tambahan tenaga mesin dan “diet ketat”. “Anda bisa rasakan ada ruang untuk tenaga lebih dari mesin. Ini semua tentang rasio tenaga dan bobot,” jelas Yagi.

Inautonews Honda Civic Type R 2015

Saat mencetak rekor, prototipe menggunakan mesin, suspensi, dan ban yang sama seperti versi produksi. Tapi Yagi juga menerangkan via MotorTrend, pekan lalu, sistem AC dilepas sebagai kompensasi roll cage. Kendati demikian, roll cage dikatakan sebagai perangkat keselamatan bukan penambah performa.

Civic Type R versi produksi menggunakan mesin baru 4-silinder 2.0L turbocharged dengan besaran tenaga 310 tk dan torsi 4.000 rpm. Semua potensi itu diberikan ke penggerak utama roda depan via transmisi manual 6-percepatan. Pengendalian dibantu limited-slip differential dan torque steer-reducing steering knuckle. Akselerasi 0-100 kpj hanya butuh 5,7 detik dan kecepatan maksimal 270 kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com