Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tombol "R" Ubah Civic Type R Makin Bengis

Kompas.com - 30/09/2014, 08:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Honda memperkenalkan pengembangan terbaru konsep Civic Type R yang akan mendebut di Paris Motor Show akhir pekan ini, lewat foto, Senin (29/9/2014), Kendati masih disebut konsep, namun sosoknya disebutkan sudah bisa mewakili versi produksi.

Detail spesifikasi belum diungkapkan, indikasinya dipersenjatai mesin 4-silinder 2.0L turbocharger bertenaga lebih dari 280 tk. Mengutip dari Worldcarfans, Honda mengklaim generasi terbaru hatchback performa ini tak bisa ditandingi klan Type R sebelumnya. Termasuk model performa lain seperti Integra, Accord, atau bahkan NSX.

Di kokpit terdapat tombol “+R”, bila ditekan akan mengungkapkan jati diri Civic Type R yang sebenarnya. Mesin bisa digeber lebih sangar, respon kemudi semakin solid, dan empat titik Adaptive Damper System bekerja maksimal.

Menurut Kepala proyek Civic Type R Suehiro Hasshi, dalam mode “normal” gerakan mobil lincah seperti mobil sport harian yang punya akselerasi sepadan. Ia menambahkkan, “+R” akan menghadirkan potensi yang lebih dinamis dan atletis buat pengemudi, mendekati mobil balap. Perbedaan karakternya sangat besar, mode “+R” membuat Civic Type R lebih ekstrem dan ideal di trek.

Salah satu kata kunci pada pengembangan Civic Type R adalah kemampuan bermanuver yang didukung setelan kaki-kaki. Kendati menggunakan penggerak roda depan, Honda menjelaskan kelebihan torsi yang sulit dikendalikan kemudi telah dipangkas, membuatnya menyenangkan untuk dikemudikan. Civic Type R mulai dijual di Eropa tahun depan, dan kabarnya model ini akan diproduksi di Inggris. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com