Honda Spacy FI Khusus untuk Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 06/05/2015, 15:12 WIB
Honda Spacy khusus yang dimodifikasi untuk mahasiswa difabel di UIN Sunan Kalijaga. AHMHonda Spacy khusus yang dimodifikasi untuk mahasiswa difabel di UIN Sunan Kalijaga.
|
EditorAzwar Ferdian

Yogyakarta, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) menyiapkan sepeda motor khusus untuk penyandang disabilitas. Honda Spacy FI disulap dengan berbagai modifikasi penting untuk mendukung mobilitas mahasiswa difabel di Pusat Layanan Difabel Universitas Islam Negeri (PLD-UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Honda Spacy FI yang didonasikan AHM itu memiliki desain khusus, namun tetap mengedepankan estetika, unsur keselamatan yang baik, dan kemudahan akses bagi penumpang difabel.

Di sisi sebelah kiri, ditambahkan boks serbaguna dengan seperangkat kursi roda yang dapat mengangkut satu penumpang difabel. Akses pintu memudahkan difabel naik-turun, namun tetap aman dan nyaman saat sepeda motor dijalankan.

Meski dimodifikasi, sepeda motor tetap mempertahankan fitur-fitur utama yang melekat pada model skutik Honda ini, termasuk kunci berpengaman magnetic (magnetic secure key shutter), side stand switch (standar samping otomatis), dan brake lock.

Fitur-fitur ini akan mempermudah penggunanya saat mengantarkan para mahasiswa difable beraktivitas, apalagi sepeda motor ini juga dilengkapi fitur helm-in yang memiliki bagasi luas dengan kapasitas 18 liter, bisa menyimpan helm full face atau beragam kebutuhan pengendara lain.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin dalam siaran resmi (4/5/2015), mengatakan bahwa keterbatasan fisik tidak seharusnya mengurangi hak setiap orang menimba pengetahuan dan belajar secara formal di perguruan tinggi.

”Kami mengapresiasi komitmen dan ketulusan jajaran dosen dan mahasiswa yang aktif menjadi relawan membantu memberikan kemudahan bagi mahasiswa difabel. Kami berharap donasi Honda Spacy FI berdesain khusus ini dapat meningkatkan layanan mobilitas bagi para mahasiswa difabel yang punya passion tinggi dalam belajar,” ujar Muhib.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X