Baterai Mobil Listrik Tesla Bisa buat Perabotan Rumah Tangga

Kompas.com - 30/04/2015, 14:20 WIB
Tesla ingin bangun jaringan stasiun pengisian ulang listrik super cepat di Australia. Car AdviceTesla ingin bangun jaringan stasiun pengisian ulang listrik super cepat di Australia.
|
EditorAzwar Ferdian
San Fransisco, KompasOtomotif - Miliarder Elon Musk percaya kalau dirinya bisa mencipatakan teknologi baterai baru untuk kegunaan lebih beragam bukan sekedar mobil listrik.

Pemilik Tesla Motors ini sedang menciptakan baterai baru dengan bentuk lebih ringkas dan bisa diaplikasi di bagian pilar kendaraan dan bisa digeser kegunaannya guna memenuhi kebutuhan listrik perumahan, bisnis dan kegiatan lainnya.

Dilansir Bloomberg (29/4/2015), Musk akan memperkenalkan generasi baru baterai yang didesain bisa menyimpan tenaga dari sinar matahari dan angin. Jika teknologi ini sukses, Tesla Motors akan punya bisnis sekunder yang potensial dari sekedar menjual mobil listrik saja. Proyeksinya bahkan bisa memasok kebutuhan baterai senilai miliaran dollar AS dalam satu dekade ke depan.

Belum ada di industri tenaga listrik mampu menciptakan kemampuan menyimpan tenaga dalam jumlah besar tapi dengan biaya yang murah untuk disalurkan ke konsumen. Tesla mempertaruhkan 5 miliar dollar AS untuk membangun pabrik baterai baru "Gigafactory" yang lagi dibagun di Nevada, AS. Pabrik ini akan membuat baterai murah sehingga kompetitif untuk berbagai lapisan konsumen, termasuk pasokan ke pasar tradisional kebutuhan sumber listrik.

Pekan ini, Tesla berencana menggelar acara khusus di Hawthorne, California AS untuk mengumumkan produk baterai rumahan Tesla dan bisnis berskala besar baru.

"Apapun yang mau diumumkan Tesla hanyalah permulaan. Tesla tidak harus mencari pasar, pasar justru yang akan datang ke mereka. Kami sangat menantikan apa yang mau mereka sampaikan," jelas Peter Rosegg, juru bicara Hawaiian Electric Company yang menjual sistem panel solar pada atap rumah.

Tesla membidik segmen baru, yang diprediksi akan meledak dalam jangka waktu dekat. Baterai ini bisa digunakan untuk menyimpan tenaga dan digunakan ketika sinar matahari meredup dan tidak ada tiupan angin.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.