Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Otonomos GM Unjuk Gigi di Shanghai

Kompas.com - 21/04/2015, 12:00 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber autonews
Shanghai, KompasOtomotif - Baru saja mengumumkan ambisinya mengejar penjualan 1 juta unit di China pada 2020, Chevrolet unjuk gigi menampilkan konsep terbarunya, FNR di Shanghai Auto Show 2015. Mobil futuristik ini menampilkan teknologi otonomos dan berpenggerak listrik murni.

Chevrolet FNR merupakan akronim dari Find New Road, tema yang ditujukan pada konsumen anak muda di China. Desain konsep ini sangat futuristik dengan berbagai elemen unik, salah satunya dua pintu "dragonfly" yang unik terbuka ke atas. Dengan bodi berwarna silver dan hitam, konsep FNR dipastikan akan banyak mengundang perhatian bagi pengunjung pameran.

Konsep ini merupakan pengembangan oleh Pusat Teknik Otomotif Pan Asia milik General Motors, merupakan hasil kerja sama dengan mitra lokal China, SAIC Motor. Konsep ini menunjukan kalau pabrikan meningkatkan eksplorasi kemungkinan yang bisa diciptakan dengan teknologi otonomos di masa depan.

Chevrolet/Carscoop Pintu
Konsep ini menggunakan motor listrik magnetik di masing-masing rodanya dan bisa diisi ulang (charge) terpisah tanpa kabel. Juga dilengkapi sensor dan radar di bagian atap kendaraan untuk memetakan rute dan membantu proses kendali tanpa pengemudi (otonomos). Mobil  ini bisa dikemudikan baik secara moda manual atau otonomos, memungkinkan jok depan berputar 180 derajat menghadap penumpang di bangku belakang.

Alan Batey, Kepala Global Chevrolet mengatakan, sensor pada konsep ini bisa digunakan untuk memonitor kondisi fisik dan mengaktifkan sistem otonomos, jika mendeteksi keletihan pada pengemudi.

Konsep ini "Menunjukan komitmen besar Chevrolet menawarkan teknologi mobil listrik yang sesuai dengan gaya hidup konsumen," tukas Batey. Segmen yang dituju adalah anak muda berusia 20-30 tahunan di China.  Basis konsumen Chevrolet di China, 60 persen didominasi oleh usia 35 tahun ke bawah. Chevrolet sudah menjual 767.484 unit mobil di China sepanjang 2014 lalu, naik 7 persen dari tahun sebelumnya.

"Hanya awal dari upaya kami memenuhi kebutuhan transportasi di masa depan," seloroh Batey.

Chevrolet/Carscoop Tampilannya agresif dengan guratan desain masih seperti gambar sketsa.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber autonews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com