Yamaha YZF-R3, Motor Sport yang Praktis

Kompas.com - 14/04/2015, 09:51 WIB
Colin Edwards dan istri menunggangi Yamaha R3. Captured from YoutubeColin Edwards dan istri menunggangi Yamaha R3.
EditorAzwar Ferdian
Tokyo, KompasOtomotif - Yamaha melengkapi daftar model R seriesnya dengan memperkenalkan R3 untuk pasar internasional. Model ini diproduksi di Indonesia, sayangnya tidak dijual di pasar nasional karena terlalu berdekatan dengan R25.

YZF-R3 rencananya akan dipasarkan di Jepang, beberapa negara Asia lainnya dan juga daratan Eropa. R3 mengisi slot yang sudah ada mulai dari R125 sampai dengan R6. Secara porsi mesin dan penampilan, R3 memang hampir sama dengan R25.

Seperti ditulis MCN, Selasa (14/4/2015), sepeda motor sport full fairing ini menghadirkan aura sporty yang kental tanpa meninggalkan sisi kepraktisan untuk dipakai sebagai kendaraan harian. Mesin silinder ganda 321 cc, melahirkan torsi besar sampai pada putaran 9.000 rpm.

Respon mesin dibuat lembut dan nyaman, tapi tetap cepat bila tuas gas dibejek untuk mendapatkan akselerasi. MCN menyebut, pada percobaan di trek lurus bisa mendapatkan kecepatan sampai 170 kpj.

Sasis R3 masih kental dengan rasa Yamaha dengan kelebihan di sektor handling hingga mudah diajak menikung. Posisi berkendara juga disebutkan tidak terlalu menunduk, untuk mengejar kenyamanan saat berkendara jarak jauh.

Panjang lengan ayun sama dengan R1, untuk menjaga steering geometry tetap konstan di semua konsisi berkendara. R3 sudah dilengkapi dengan pengereman ABS sebagai standar, dengan mengandalkan ban Michelin Pilot Streets.

Spesifikasi Yamaha YZF-R3

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mesin 321cc dua silinder
Daya 44,1 tk pada 10.750 rpm
Torsi 21.83 lb.ft  pada 9000rpm
Frame Tubular steel diamond
Bobot kering 169 kg
Kapasitas tanki 14 liter
Tinggi jok 780 mm



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X