Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2015, 10:16 WIB
EditorAzwar Ferdian
Los Angeles, KompasOtomotif - Sebelumnya sudah dibahas 230 mobil yang dihancurkan di Fast and Furious 7, dari total 340 mobil yang dipakai untuk proses pengambilan gambar. Ada pula rahasia dari mobil-mobil tersebut, yang disamakan spesifikasinya agar memudahkan koreografi.

Lalu, mobil apa saja yang mendominasi sekuel ketujuh dari film laris ini? Secara garis besar, muscle car atau mobil berotot khas Amerika Serikat memang menjadi juara di Fast 7. Aktor utama Vin Diesel yang memerankan sosok pemimpin Dominic Toretto, lebih memilih menggunakan muscle car yang kebanyakan lawas untuk beradu dengan mobil-mobil masa kini, termasuk dari benua Eropa.

IMCDb.org Dodge Charger melakukan aksi terjun dari pesawat terbang

Dodge Charger 1970

Versi modifikasi Dodge Charger 1970, adalah mobil yang melekat dengan sosok Toretto. Dodge Charger sudah melekat dengan Toretto yang diperkenalkan pada sekuel pertama, diceritakan sebagai warisan milik ayahnya.

Adegan paling spektakuler tentu saja terjun dari pesawat Lockheed C-130 Hercules dan terjun bebas dari atas gurun Arizona. Satu unit Charger dijatuhkan dari ketinggian 12.000 kaki dan replika lainnya diterjunkan dari ketinggian 8.000 kaki. Adegan terjun ini menggunakan parasut milik militer. Secara total, sembilan versi Charger disiapkan untuk film ini dan setiap mobil dilengkapi dengan dua sampai tiga unit kamera Go-Pro.

IMCDb.org Dodge Charger tabrakan frontal dengan Aston Martin DB9

Ada adegan menarik lainnya saat Charger yang dikendarai Dom, terlibat tabrakan frontal dengan Jason Statham yang mengendarai Aston Martin DB9. Prosesnya, kedua mobil ini dihubungkan dengan kabel dan ditarik satu sama lain menggunakan remote control pada kecepatan 65 kpj.

"Kecepatan tersebut untuk menghasilkan efek kerusakan yang maksimal, dan hasilnya mengagumkan. Ada guncangan seperti gempa bumi setelah keduanya tabrakan," jelas Dennis McCarthy, sosok yang memodifikasi semua mobil di Fast 7 ini.

The Telegraph Maximus Ultra Charger

Maximus Ultra-Charger

Dominic Toretto juga terlihat mengendarai versi modifikasi Dodge Charger 1968 dengan nama Maximus Ultra-Charger. Dennis McCarthy membeli mobil ini di acara Specialty Equipment Market Association di Las Vegas, karena tertarik pada ubahan eksterior dengan warna logam asli di bodi.

Mobil retro tersebut dibuat oleh Scott Spock Racing dan Nelson Racing Engines. Memiliki mesin 2.000 tk dan dapat mencapai kecepatan 418 kpj, serta dijual dengan harga 1 juta dollar AS atau setara dengan Rp 12,96 miliar.


The Telegraph Playmouth Barracuda

Dodge Challenger dan Playmouth

Muscle car klasik ala Amerika ini dikendarai oleh Michelle Rodriguez atau yang memerankan tokoh kekasih Dom, Letty Ortiz. Pada adegan yang menggunakan Challenger, Ortiz menyelamatkan Brian O'Connor (almarhum Paul Walker), yang loncat dari atas bus.

Letty Ortiz juga mengendarai Plymouth Barracuda 1970, yang pertama kali muncul dalam seri sebelumnya Fast & Furious 6. Mobil klasik Amerika lainnya, Plymouth Road Runner juga tampil di seri ini, dan dikendarai oleh Dom.

The Telegraph Playmouth Road Runner
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.